≡ Menu

Cara Mengatasi Windows Media Player Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Windows Media Player Tidak Bisa Dibuka

Windows Media Player adalah program bawaan Windows yang berguna untuk menonton video ataupun mendengarkan musik. Namun program ini sangat jarang digunakan karena kebanyakan orang lebih memilih media player yang lain dengan fitur yang lengkap.

Tidak banyak fitur yang tersedia di Windows Media Player jika dibandingkan pemutar media lain seperti VLC. Tapi tentunya masih ada seseorang yang terus menggunakan program ini karena sudah terbiasa.

Dan sebuah program tidak ada yang sempurna, kadang itu bisa bermasalah kapan saja. Seperti program Windows Media Player yang tak dapat dibuka suatu waktu. Meski sudah me-restart komputer namun tetap saja. Jika kamu mengalami hal serupa, maka sangat tepat untuk masuk ke artikel ini.

Mengatasi Windows Media Player Tak Bisa Dibuka

Penyebab dari tidak bisanya membuka program tersebut adalah terdapat kesalahan dari program itu sendiri. Namun apabila muncul suatu kode kesalahan, itu akan lebih mudah untuk di-identifikasi.

Pada artikel ini akan dibagikan beberapa solusi untuk mengatasinya, dan kamu dapat melakukan satu per satu untuk memastikan Windows Media Player dapat dibuka kembali. Dan semua cara yang dibagikan disini sangat aman dan tidak beresiko apapun.

1. Jalankan Troubleshooter

Cara paling utama adalah me-reset pengaturan dari Windows Media Player melalui Troubleshooter. Karena bisa jadi kendala yang kamu alami disebabkan karena setelan yang salah, sehingga program tak bisa dibuka dengan normal.

Untuk menjalankan Troubleshooter, silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Klik tombol WINDOWS+R pada keyboard.
  2. Ketik perintah dibawah ini pada kolom

    msdt.exe -id WindowsMediaPlayerConfigurationDiagnostic
  3. Setelah itu klik ENTER.
  4. Dan ikuti proses troubleshooter sampai selesai.

2. Mendaftarkan Kembali File DLL yang Hilang

Ada kemungkinan terdapat file DLL penting yang tidak terdaftar di Registry sehingga berdampak pada program. Namun kamu bisa mendaftarkannya ulang dengan mengetik perintah dibawah ini melalui command prompt.

Silakan buka terlebih dahulu Command Prompt dan pastikan menjalankannya sebagai Administrator. Lalu jalankan satu per satu dari tiga perintah dibawah ini.

regsvr32 vbscript.dll
regsvr32 jscript.dll
regsvr32 wmp.dll

Sekali lagi, jalankan perintah diatas satu per satu supaya berhasil. Dan kemudian restart komputer, lalu cobalah membuka kembali Windows Media Player. Apakah sekarang sudah bisa?

Baca juga: Cara Mengatasi Sistem File Hilang Pada Windows

3. Instal Ulang Windows Media Player

Jika sampai sini program Windows Media Player masih belum dapat dibuka, maka jalan satu-satunya yang paling ampuh adalah menginstal ulang program tersebut supaya kembali lagi seperti baru. Dan berikut ini caranya:

  1. Klik START/SEARCH, kemudian ketik Turn Windows Features On or Off dan ENTER.
  2. Klik dua kali pada Media Features.
  3. Selanjutnya hilangkan checkbox pada Windows Media Player.
  4. Lalu restart komputer untuk mulai menghapus programnya.
  5. Setelah restart selesai, kini saatnya untuk memasang ulang programnya. Silakan lakukan langkah pertama diatas.
  6. Dan sekarang beri checkbox pada Windows Media Player.
  7. Tahap terakhir, restart komputer.

Jadi kesimpulannya, kamu harus melakukan restart dua kali. Yang pertama untuk menghapus programnya, dan yang kedua adalah untuk menginstalnya. Sedikit ribet, akan tetapi jika kamu langsung mempraktekannya, cara diatas sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan.

Apakah sekarang program Windows Media Player pada komputer kamu sudah bisa dibuka? Jika sebelumnya kendala tidak cukup parah, dengan cara pertama saja pasti sudah dapat diperbaiki. Akan tetapi apabila terbilang parah pun masih bisa diatasi dengan memasang ulang programnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap