≡ Menu

Cara Mematikan Notifikasi dari Play Store

Cara Mematikan Notifikasi dari Play Store

Google Play Store kadang menampilkan suatu notifikasi atau pemberitahuan secara tiba-tiba. Tidak hanya mengenai pembaruan aplikasi, akan tetapi juga beberapa hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh Play Store.

Walau notifikasi tersebut bermaksud untuk memberikan semacam penawaran, akan tetapi beberapa orang menganggap itu cukup mengganggu karena seringnya muncul. Dan sebenarnya pengguna pun juga diberi kebebasan oleh aplikasi Play Store untuk mengatur atau mengontrol notifikasi tersebut.

Dengan mengontrol notifikasi, kamu hanya akan mendapatkan notifikasi yang diinginkan saja. Sehingga notifikasi selain itu tidak akan muncul lagi untuk kedepannya. Ada dua cara untuk melakukannya, dan pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Cara Menonaktifkan Notifikasi di Play Store

Cara yang paling efektif dalam menonaktifkannya adalah melalui setelan Play Store itu sendiri. Sebab disana sudah disiapkan halaman untuk mengontrol notifikasi, dan kamu dapat memilih jenis notifikasi mana yang ingin diaktifkan atau dimatikan.

  1. Buka Play Store.
  2. Ketuk opsi strip tiga dibagian kiri atas.

    Ketuk Opsi Strip Titik Tiga

  3. Lalu ketuk menu Setelan.

    Ketuk Menu Setelan

  4. Selanjutnya menuju menu Notifikasi.

    Menuju Menu Notifikasi

  5. Disini kamu bisa memilih notifikasi mana yang ingin dihidupkan atau dimatikan.

    Mematikan Notifikasi dari Play Store

Kamu juga dapat menonaktifkan seluruh notifikasi apabila itu yang diinginkan. Tapi ketahuilah bahwa beberapa pemberitahuan dari Play Store, kadang masih berguna. Misalnya pengingat untuk memperbarui aplikasi. Jadi silakan pikir-pikir ulang untuk mematikan semuanya.

Mematikan Notifikasi Play Store Melalui Pengaturan Aplikasi Sistem

Jika cara diatas tadi adalah melalui Setelan dari dalam aplikasi. Sedangkan kamu sebenarnya juga bisa mematikan seluruh notifikasi dari pengaturan aplikasi. Dan cara ini pun juga dapat diterapkan untuk segala aplikasi, salah satunya pada Play Store.

Caranya sangat mudah, silakan buka Pengaturan > Aplikasi. Setelah itu ketuk pada aplikasi Google Play Store. Kemudian menuju menu Pemberitahuan dan disini kamu dapat mengontrol notifikasi mana yang ingin dimatikan atau bahkan mematikan seluruh pemberitahuannya.

Mematikan Notifikasi Play Store Melalui Pengaturan Aplikasi

Oh iya, untuk sebagian ponsel Android mungkin tidak memiliki opsi untuk mengontrol jenis notifikasi, itu kemungkinan karena opsi ini tersedia mulai dari Android Oreo keatas.

Sedangkan untuk versi Android dibawahnya, kamu hanya bisa mematikan seluruh pemberitahuan dari aplikasi saja, yang mana menurut Saya kurang efektif.

Baca juga: Cara Redeem Google Play Gift Card dengan Mudah

Kesimpulan

Jadi antara cara yang pertama atau yang kedua, pastilah Saya lebih merekomendasikan yang pertama karena lebih efektif dalam menonaktifkan pemberitahuan. Cara kedua terbatas pada versi Android di ponselnya, sedangkan cara pertama dapat diterapkan pada seluruh ponsel Android.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment