≡ Menu

Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie

Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie

Walau semua jenis ponsel Android memiliki kemampuan untuk mengubah DNS, tapi di Android versi Pie keatas memiliki kemampuan untuk mengatur DNS secara permanen. Dan untuk melakukannya pun tidak perlu membutuhkan aplikasi tambahan.

DNS Pribadi yang disediakan pada Android Pie berbeda dengan yang lainnya, ini akan membutuhkan hostname dari layanan DNS yang tersedia di internet, alias tidak bisa langsung meng-input alamat IP seperti 8.8.8.8 atau 1.1.1.1.

Fungsionalnya masih sama seperti ketika menggunakan aplikasi pengubah DNS seperti yang pernah dijelaskan pada artikel Cara Mengatur DNS di Ponsel Android, akan tetapi ini jauh lebih praktis dan tidak perlu mengaktifkan atau menonaktifkan seperti VPN.

Tutorial Menggunakan DNS Pribadi di Android 9 (Pie)

Apabila saat ini kamu masih menggunakan aplikasi pengubah DNS, ada baiknya untuk di-uninstal karena itu tidak perlu lagi. Dan berikut ini tata cara menggunakan atau menambahkan DNS Pribadi pada ponsel Android 9 (Pie) keatas.

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Ketuk menu Koneksi.

    Ketuk Menu Koneksi

  3. Lalu ketuk menu Pengaturan Koneksi Lainnya.

    Pilih Pengaturan Koneksi Lainnya

  4. Dan pilih DNS Pribadi.

    Menggunakan DNS Pribadi di Android Pie

  5. Akan muncul opsi, silakan pilih manual (dibawah opsi otomatis).

    Memilih Opsi Manual

  6. Ketik nama host DNS yang ingin digunakan, misalnya disini dns.quad9.net.

    Mengatur DNS Pribadi di Android 9 Pie

  7. Ketuk tombol Simpan, dan kini DNS Pribadi telah berhasil diatur dan digunakan.

Contoh diatas menggunakan DNS Quad9 (9.9.9.9) yang mana juga terpercaya, atau kamu juga dapat menggantinya dengan layanan DNS lainnya. Beberapa dari itu akan dibagikan juga diartikel ini, dengan begitu kamu tidak perlu mencari kesana kemari untuk memperoleh layanan DNS yang tepat.

Beberapa Layanan DNS Pribadi Aman & Terpercaya

Seluruh DNS yang dibagikan dibawah ini memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dalam menjaga privasi dalam menjelajah internet untuk tetap aman. Walau tidak banyak, namun kamu bisa memilih salah satu sesuai keperluan di internet.

  • 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com – Cloudflare (tidak memblokir segala situs).
  • dns.google – Google (tidak memblokir segala situs).
  • dns.quad9.net – Quad9 (memblokir situs yang dianggap berbahaya berdasarkan domain).
  • adult-filter-dns.cleanbrowsing.org – CleanBrowsing (memblokir situs web yang berisi konten dewasa).

Silakan pilih salah satu dari beberapa layanan DNS diatas tergantung kebutuhan di internet. Dan bagi orang tua yang memiliki anak kecil, mungkin DNS dari CleanBrowsing lebih disarankan, dan mereka juga memmiliki DNS yang lebih dikhususkan untuk anak-anak lho.

Apa Kelebihan dari Menggunakan Private DNS?

DNS Pribadi pada Android Pie berjalan melalui TLS (enkripsi), sehingga jaringan publik (semacam wifi) yang kamu gunakan tetap aman dari penyadap. Selain itu, ini juga nyaris sama seperti VPN, hanya saja tidak akan berpengaruh ke IP.

Jadi dengan mengatur DNS saja, sebenarnya itu sudah bisa digunakan untuk membuka segala situs web yang diblokir oleh operator atau ISP. Namun dari segi perlindungan privasi, pastinya memakai VPN justru lebih baik, karena bukan hanya DNS yang berganti, tapi juga alamat IP.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • D-Kun Mei 6, 2020, 7:10 am

    Apakah menggunakan privat dns untuk buka mobile banking aman?

Leave a Comment