≡ Menu

2 Cara Menghapus Font pada Windows 10

Font atau gaya tulisan yang terpasang pada Windows pada dasarnya sangat berguna untuk keperluan di suatu program. Sebagai contoh di Microsoft Word atau bahkan pada program desain seperti Photoshop. Seluruh font yang terpasang di komputer akan langsung terdeteksi dan bisa digunakan pada semua program.

Pengguna juga bisa menginstal manual font yang diunduh di internet, baik itu memiliki format TTF, OTF, atau lainnya. Tapi pernahkah memikirkan hal untuk menghapus font tersebut? Karena siapa tahu terdapat banyak font yang dirasa tidak lagi berguna dan ada baiknya untuk dihapus.

Normalnya suatu font memiliki ukuran yang terbilang kecil, namun apabila terlalu banyak pastilah ukurannya menjadi besar dan memakan kapasitas drive C beberapa persen. Jadi apabila kamu memiliki ribuan font yang terinstal di komputer, pikirkan lagi untuk menghapus sebagian yang jarang dipakai.

Tutorial Menghapus Font di Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus font yang sedang terpasang. Tapi artikel ini akan menunjukkan dua cara saja yang paling mudah untuk melakukannya. Dan tentunya cara ini aman untuk dilakukan selama kamu mengikuti langkahnya dengan benar.

1. Hapus Font Melalui Pengaturan

  1. Klik START, dan menuju Settings (Pengaturan).
  2. Klik pada menu Personalization.

    Klik Personalization

  3. Selanjutnya klik menu Fonts.

    Klik Menu Fonts

  4. Akan tampil seluruh font yang terpasang, silakan cari dan klik nama font yang akan dihapus.

    Cari Nama Font yang Akan Dihapus

  5. Klik tombol Uninstall.

    Menghapus Font di Windows 10

  6. Jika muncul peringatan, klik lagi Uninstall.

    Hapus Font di Windows 10

2. Hapus Font Melalui Explorer

Jika cara pertama lebih dikhususkan untuk menghapus satu-per-satu, sedangkan cara kedua ini dapat diterapkan untuk menghapus banyak font sekaligus.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Pada address bar, ketik persis seperti teks dibawah ini dan ENTER.

    %LocalAppData%\Microsoft\Windows\Fonts
  3. Kamu akan ditujukan ke direktori seluruh font yang terpasang.
  4. Sekarang silakan tandai dan hapus font yang diinginkan.

    Menghapus Font Windows 10 Melalui Explorer

Cara kedua ini sebenarnya harus melakukan penghapusan juga di Registry, akan tetapi kamu bisa menggunakan bantuan program Ccleaner untuk menghapus registry yang tidak terpakai. Karena nantinya setelah kamu menghapus file fontnya, maka registry yang bermasalah dapat terdeteksi pada Ccleaner dan bisa dihapus saat itu juga.

Baca juga: Cara Mengetahui Nama Font pada Gambar

Kesimpulan

Baik itu cara pertama atau kedua memiliki keunggulan tersendiri. Jika cara pertama, kamu bisa melihat gambaran font terlebih dahulu sebelum menghapusnya, itu akan memperkecil kemungkinan untuk menghapus font yang salah.

Sedangkan cara kedua, kamu harus mengetahui nama font yang akan dihapus layaknya seperti menghapus file biasa. Tapi juga harus membersihkan registry setelah melakukannya dengan program lain supaya font itu benar-benar hilang.

Saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara yang pertama, walau lambat dalam pengoperasian untuk menghapus banyak font, tapi setidaknya ini lebih efisien. Dan proses uninstallnya pun juga sangat cepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment