≡ Menu

Cara Mengecek Denyut Jantung Melalui Ponsel Android

Tidak salah jika Android disebut sebagai ponsel pintar, semakin lama berkembang terdapat sensor yang bermacam-macam. Ada sensor kompas, gyroscope, proximity, dan tidak lupa juga sensor heart rate yang memiliki kegunaan untuk mengecek kecepatan denyut jantung kamu sekarang.

Mungkin beberapa orang berfikir untuk apa sensor pengecek denyut jantung itu disediakan. Jawabannya adalah sensor tersebut memiliki kegunaan dalam unsur kesehatan. Biasanya ponsel yang telah memiliki sensor ini juga memiliki sensor kesehatan lainnya seperti pengecek langkah kaki.

Nah apabila ponsel yang kamu pegang saat ini memiliki sensor tersebut, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakannya secara aman. Tentunya ini akan membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuat sensor tersebut bekerja.

Cara Mengecek Denyut Jantung Melalui Ponsel Android

Cek Kecepatan Denyut Jantung Melalui Android

Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi bernama Samsung Health di Play Store. Setelah itu buka aplikasinya dan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Pada Samsung Health, ketuk tombol Ukur pada bagian Denyut Jantung

    Ketuk tombol Ukur Denyut Jantung

  2. Setelah itu letakkan jari telunjuk pada sensor heart rate. Biasanya ada dibelakang ponsel

    Letakkan Jari Telunjuk ke Sensor Heart Rate

  3. Tunggu prosesnya selesai sampai 100%

    Tunggu Sampai 100%

  4. Dan setelah itu hasilnya akan ditampilkan pada layar.

    Hasil Kecepatan Denyut Jantung di Aplikasi Samsung Health

Tidak hanya aplikasi Samsung Health saja yang memiliki fitur untuk mengukur denyut jantung, tapi ada beberapa aplikasi lain seperti Huawei Health, Mi Fit, dan lain-lain. Yang pasti aplikasi kesehatan ini sangat wajib dipasang selama ponsel kamu mendukung banyak sensor.

Mengecek Apakah Ponsel Mendukung Sensor Heart Rate

Barangkali kamu masih belum tahu apakah ponsel kamu mendukung sensor heart rate. Untuk mengetahuinya sebenarnya mudah, kamu bisa melihat spesifikasi ponsel kamu secara rinci menurut artikel berikut Begini Cara Mengecek Spesifikasi Lengkap HP AndroidL.

Tapi jika pun ponsel tak mendukung sensor heart rate, pada aplikasi kesehatan pun akan menampilkan notifikasi bahwa sensor tidak ditemukan atau ponsel tidak mendukung.

Namun apabila kamu tak ingin membuang kuota untuk mengunduh aplikasi kesehatan yang mana memiliki ukuran yang cukup besar, silakan unduh aplikasi bernama Heart Rate Monitor. Itu juga bisa dipakai untuk mengukur denyut jantung. Dan ukurannya tidak sampai 5 MB.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment