Tutorial Membuat Akun Amazon Web Services (AWS)

Tutorial Membuat Akun Amazon Web Services (AWS)

AWS atau singkatan dari Amazon Web Services terkenal dengan layanan cloud computing yang super lengkap dan juga memuaskan. Mereka juga menyediakan akses uji coba gratis selama satu tahun, tentunya itu sangat cocok bagi para pemula dalam mempelajari lebih dalam terhadap cloud computing.

Hanya ada beberapa syarat saja untuk mendaftar akun pada Amazon Web Services. Salah satunya yang paling terpenting adalah kartu kredit. Sebab itu digunakan sebagai proses verifikasi, dan mereka hanya akan mengambil setidaknya $1 yang akan dikembalikan beberapa hari kedepan setelah verifikasi berhasil.

Proses pendaftaran AWS sebenarnya berlangsung cepat, tapi ini membutuhkan waktu beberapa saat hanya untuk mengisi formulir saja. Yang pasti, kamu takkan kecewa mendaftar di AWS, selain dapat akses uji coba gratis, banyak juga lho keuntungan lainnya.

Langkah Mendaftar Akun di Amazon Web Services

Pastikan saat mendaftar untuk tidak sedang menggunakan VPN atau Proxy, karena itu akan berpengaruh terhadap verifikasi nantinya yang memungkinkan bisa ditolak. Dan berikut ini langkah mudah mendaftar akun AWS.

  1. Buka Amazon Web Services dan klik tombol Create a Free Account.
  2. Isikan kolom Email, Password, dan juga username akun. Lalu klik tombol Continue.

    Isikan Kolom Email, Password, dan Username

  3. Pada tipe akun, silakan pilih Personal.

    Pilih Tipe Akun Personal

  4. Dan kemudian isikan informasi data diri seperti Nama Lengkap, Alamat Rumah, Nomor Handphone, dan lain-lain.
  5. Selanjutnya adalah proses verifikasi menggunakan kartu kredit, silakan isi nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan juga nama pemilik kartu.

    Verifikasi Mendaftar di AWS

  6. Apabila sudah, kini adalah proses verifikasi nomor telepon. Silakan isikan nomor telepon dan klik tombol Contact Me.

    Verifikasi Nomor Telepon Akun Amazon Web Services

  7. Maka akan muncul kode pada layar. Silakan tunggu sebentar telepon dari Amazon, dan kemudian ketik kode itu pada telepon kamu.
  8. Setelah proses verifikasi selesai, lanjut pada bagian pemilihan layanan support. Pilih saja tombol Free.

    Mendaftar di AWS Amazon

  9. Selesai, kamu berhasil membuat akun AWS.

    Pendaftaran Akun AWS Berhasil

Jadi bisa dibilang ada dua jenis proses verifikasi, yang pertama adalah kartu kredit dan yang kedua adalah memakai nomor telepon. Tapi biasanya pada opsi verifikasi nomor telepon juga disertakan 2 pilihan, antara dari SMS atau langsung telepon.

Setelah akun AWS berhasil dibuat, kamu bisa langsung masuk ke Console untuk menikmati layanannya. Tapi kadang kamu juga diminta untuk menunggu 1×24 jam sebelum bisa menikmati segala fiturnya, karena masih dalam proses verifikasi manual.

Baca juga: Tips Supaya RDP Tetap Awet dan Tak Mudah Ditangguhkan

Keuntungan Mendaftar di AWS

Seperti yang Saya katakan diatas, bahwa kamu takkan kecewa dengan memiliki akun AWS, selain dikasih gratis uji coba, segala layanannya juga sangat memuaskan. Jika pun dibandingkan dengan Azure, dan Google Cloud, pastinya terdapat kelebihan tersendiri dari AWS.

Ini dia beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam menggunakan AWS:

  • Akses uji coba gratis setahun.
  • Dapat dipelajari dimana-mana.
  • Hemat biaya.
  • Keamanan ketat.
  • Dan pelayanan support yang sempurna.

Mungkin masih ada keuntungan lain lebih dari itu, namun Saya sendiri benar-benar puas menggunakan AWS untuk membangun situs web, khususnya melalui fitur Amazon Lightsail. Bagi kamu yang ingin membuat situs WordPress Self-Hosted super cepat atau sekali klik, mungkin akan tertarik dengan fitur tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selmaat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *