≡ Menu

Cara Menonaktifkan Keyboard pada Laptop

Apakah keyboard pada laptop kamu bermasalah? Misalnya terdapat tombol yang menekan otomatis secara tiba-tiba dan tidak bisa dikontrol. Pastinya ada penyebab tersendiri dibalik itu, dan beberapa orang lebih memilih untuk menonaktifkan keyboard pada laptop dan menggunakan keyboard USB eksternal.

Windows sebenarnya tidak memberikan fitur untuk menonaktifkan keyboard. Jadi jika kamu bertanya-tanya, apakah ada cara untuk menonaktifkan keyboard? jawabannya adalah ada, hanya saja yang dinonaktifkan adalah drivernya.

Driver pada komputer memiliki peranan untuk menjalankan sesuatu pada hardware, jadi dengan memilih driver yang tepat akan membuat hardware tersebut dapat bekerja dengan baik.

Cara Menonaktifkan Keyboard pada Laptop

Trik Menonaktifkan Keyboard Laptop

Ini merupakan trik, dimana metodenya adalah mengubah driver keyboard. Tapi tak usah khawatir, karena cara ini masih aman untuk dilakukan dan kamu pun dapat mengaktifkan keyboard lagi nantinya.

  1. Klik START/SEARCH dan ketik Device Manager, lalu ENTER.

    Ketik Device Manager

  2. Klik dua kali pada Keyboards.

    Klik Dua Kali pada Keyboard

  3. Klik lagi pada driver keyboard pada laptop, contohnya HID Keyboard Device.
  4. Menuju Tab Driver dan klik tombol Update Driver.

    Klik Tombol Update Driver

  5. Klik opsi Browse my computer for driver software.

    Mulai Menonaktifkan Keyboard Laptop

  6. Selanjutnya klik opsi Let me pick of a list available drivers on my computer.

    Langkah Mematikan Keyboard Laptop

  7. Hilangkan centang pada Show compatible hardware dan pilih salah satu Manufacturer, misalnya Philips.

    Memilih Driver yang Tidak Kompatibel untuk Menonaktifkan Keyboard Laptop

  8. Lalu klik Next dan pilih Yes.
  9. Tahap terakhir, restart laptop dan lihat hasilnya.

Inti dari cara diatas adalah mengubah drivernya menjadi driver lain yang sekiranya tidak kompatibel, sehingga nantinya keyboard takkan berfungsi sepenuhnya. Tapi tenang saja, kamu masih bisa mengaktifkannya lagi, silakan lanjut baca untuk mengetahui caranya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Emoji di Windows 10

Apakah Tombol Power Berfungsi Setelah Menonaktifkannya?

Tombol power pada keyboard akan tetap berfungsi dengan baik. Di beberapa laptop, touchpad kadang juga ikut untuk tidak berfungsi. Untuk itu, selain telah menyiapkan keyboard USB, siapkan juga Mouse USB untuk jaga-jaga apabila touchpad juga ikut berpengaruh.

Mengaktifkan Kembali Keyboard Laptop

Seperti perkataan Saya diatas bahwa kamu masih dapat mengaktifkan kembali keyboardnya kapanpun. Caranya sangatlah sederhana, jadi kamu hanya perlu mengembalikan drivernya menjadi semula.

Untuk melakukannya, silakan ikuti kembali tutorial diatas sampai langkah ke-2. Setelah itu pilih driver keyboard yang diubah tadi (misalnya Philips), dan menuju tab Driver. Selanjutnya cukup klik tombol Roll Back Driver, lalu sebuah dialog akan muncul, klik saja Yes dan tunggu prosesnya selesai.

Jangan lupa, setelah melakukan Roll Back Driver, silakan restart laptopnya. Sekarang pasti keyboard bekerja kembali seperti semula.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment