≡ Menu

Cara Tampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows

Mengetahui seberapa cepat koneksi internet sebenarnya bisa dilakukan melalui layanan semacam speedtest. Namun sebagian orang lebih menyukai cara tersendiri untuk mengecek kecepatan internet secara realtime melalui taskbar windows.

Menerapkan kecepatan internet pada taskbar sama halnya seperti pada status bar yang ada di ponsel. Kamu akan dapat mengetahui dengan mudah seberapa cepat proses upload dan download yang berjalan sekarang ini, sehingga tidak perlu bolak balik membuka layanan pengukur kecepatan internet lagi.

Cara Tampilkan Kecepatan Inernet di Taskbar Windows

Menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows

Windows tidak menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet, akan tetapi kamu bisa menggunakan program lain, yaitu bernama NetSpeedMonitor. Program ini dapat digunakan untuk seluruh versi Windows, baik itu 32-bit ataupun 64-bit. Dan berikut ini cara penggunananya.

  1. Download program NetSpeedMonitor.
  2. Silakan instal seperti biasa dan buka programnya.
  3. Saat membuka, akan muncul notif, klik saja tombol Yes.

    Klik Tombol Yes

  4. Setelah itu cek pada taskbar, pasti kecepatan internet sudah dapat dilihat disana.

    Kecepatan Internet Muncul pada Taskbar Windows

Kamu juga bisa mengatur jenis Bitrate, dari Kbps menjadi Mbps sesuai yang diinginkan. Terdapat pula setelan untuk mengatur font atau tulisan supaya tampil lebih berbeda dan juga lebih bergaya dari normalnya.

Baca juga: Cara Mengubah Letak Taskbar pada Komputer Windows

Tidak Bisa Instal NetSpeedMonitor?

Dari kebanyakan kasus dari gagalnya menginstal program ini adalah disebabkan karena munculnya notif “Operating system not supported error“. Tapi tenang, disini bukan berarti komputer kamu tidak mendukung, tapi hanya perlu diubah sedikit pada file instalasi.

Jadi silakan klik kanan pada file NetSpeedMonitor Setup, kemudian pilih opsi Properties dan centang pada bagian Run this program in compatibility mode for. Dibawahnya pilih sebagai Windows 7, setelah itu klik tombol OK dan cobalah untuk mengulangi instal programnya sekali lagi.

Mengatur Kompatibilitas pada NetSpeedMonitor

Ukuran dari program ini sangatlah kecil, dengan mengaktifkannya pun tidak akan membuat perangkat terbebani dan pastinya aman. Jika sekiranya ada pertanyaan mengenai tutorial diatas, silakan katakan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment