≡ Menu

Cara Mengaktifkan Always On Display pada Samsung

Cara Mengaktifkan Always On Display pada Samsung

Always On Display atau yang biasa dikenal dengan singkatan AOD ini merupakan fitur yang tersedia di ponsel untuk membuat layar terus menyala dan menampilkan beberapa informasi seperti baterai, notifikasi, dan jam.

Meski layar selalu hidup, namun konsumsi baterai yang digunakan sangatlah kecil dan dengan mengaktifkannya pun layar akan tetap aman. Beberapa orang ragu ingin mengaktifkannya karena takut layar terkena burn in, tapi percayalah ini sangat aman meski pada layar amoled sekalipun.

Selama fitur AOD ini tersedia dari bawaan ponsel, pasti keamanan layar akan terjamin. Sama halnya pada fitur AOD yang ada di beberapa jenis ponsel Samsung, segalanya aman dan bahkan terdapat banyak fitur yang dapat disesuaikan.

Mengaktifkan Fitur Always On Display di Samsung

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua ponsel Samsung mendukung fitur AOD. Namun ini kebanyakan tersedia untuk ponsel Samsung kelas medium ke high. Dan berikut ini tata cara mengaktifkannya.

  1. Silakan buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Kunci Layar.

    Ketuk Kunci Layar di Pengaturan

  3. Aktifkan pada opsi Always On Display.

    Mengaktifkan Always On Display Samsung

  4. Sekarang coba kunci layar ponsel, pasti AOD sudah tampil.

Pada dasarnya kamu juga bisa mengaktifkan Always On Display melalui panel notifikasi, jadi tak perlu melalui pengaturan lagi. Itu sama mudahnya layaknya mengaktifkan/menonaktifkan WiFi.

Baca juga: Begini Cara Mengganti Tema di HP Samsung Galaxy

Menyesuaikan Tampilan AOD

Kamu bisa mengubah beberapa hal seperti jam, menambah facewidget, atau lain-lain pada AOD. Itu bisa dilakukan melalui Pengaturan Kunci Layar. Disana terdapat menu bernama Gaya Jam dan FaceWidgets, yang akan membantu kamu menyesuaikan tampilan pada AOD.

Sementara itu juga tersedia tema untuk AOD yang dapat diunduh melalui Galaxy Themes. Banyak juga yang menyediakannya gratis lho. Smeentara itu untuk tema yang berbayar dibanderol dengan harga rata-rata 10 ribu rupiah.

Tema Always On Disana pada Galaxy Themes

Solusi Fitur Always On Display Tidak Bisa Dihidupkan

Satu-satunya hal yang membuat ponsel kamu tak bisa mengaktifkan fitur AOD adalah sedang berada di mode hemat daya. Walau konsusmi AOD tidak banyak, namun fitur hemat daya di ponsel lebih memaksimalkan cara untuk menghemat baterai lebih effisien.

Sehingga ketika ponsel kamu berada di mode hemat daya, fitur AOD akan secara otomatis dimatikan dan tak bisa diaktifkan. Jadi solusinya hanyalah keluar dari mode hemat daya dan kemudian fitur AOD akan bisa digunakan kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment