≡ Menu

Cara Mematikan Suara Sentuhan Layar Android

Suara sentuhan layar yang ada di Android memiliki fungsi yang mirip seperti haptic feedback yang menandakan sentuhan layar bekerja dengan baik. Namun suara yang dihasilkan tidaklah keras dan standar sesuai setelan suara sistem. Dan beberapa orang menganggap suara tersebut sangat menganggu ketika melakukan sesuatu terhadap ponsel.

Suara “tuk” yang dihasilkan memang mirip sejenis mengetik di keyboard, tapi itu hanya ketika kamu mengetuk suatu menu saja. Jika pun hanya menggeser atau menggulir di ponsel, tentunya suara sentuhan layar takkan berbunyi.

Mematikan suara sentuhan layar tidaklah sulit, bahkan ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yang pertama adalah mematikan langsung melalui fitur yang sudah disediakan di Android, atau yang kedua adalah mengecilkan suara sistem ponsel.

Mematikan Suara Sentuhan Layar di Android

  1. Buka Pengaturan
  2. Ketuk menu Suara dan Getar

    Menuju Menu Suara dan Getar di Pengaturan

  3. Gulir kebawah dan temukan Suara Sentuhan dan kemudian matikan.

    Mematikan Suara Sentuhan Layar di Pengaturan Android

Hanya itu saja langkah untuk mematikan suara sentuhan layar. Sangat sederhana sekali bukan? Setelah mematikannya, kini kamu takkan lagi mendengar suara “tuk” ketika kamu mulai mengetuk suatu menu pada layar.

Dan jika pun ponsel kamu tak memiliki fitur untuk menonaktifkan suara sentuhan, silakan coba cara alternatif dibawah ini.

Baca juga: Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard

Kecilkan atau Bisukan Suara Sistem (Alternatif)

Ingat, cara ini hanya akan menjadi alternatif apabila ponsel kamu tak memiliki fitur untuk mematikan suara sentuhan. Sebab, cara diatas lebih efektif dibanding cara ini.

Untuk mengecilkan suara sistem sangatlah mudah. Masih pada Pengaturan > Suara dan Getar, kemudian ketuk pada menu Volume, dan setelah itu atur volume sistem ke paling rendah.

Mengecilkan Suara Sistem Android

Setelah mengaturnya, sekarang cobalah untuk mengetuk suatu menu, pasti suara sentuhan takkan berbunyi lagi. Tapi ketahui juga bahwa ini juga akan berdampak pada suara sistem yang lain, antara lain adalah suara kunci layar, kamera, dan beberapa hal lainnya.

Jadi kesimpulannya adalah cara paling awal lebih disarankan daripada menggunakan cara alternatif. Karena menggunakan cara alternatif akan berdampak pada semua suara sistem yang mana beberapa orang biasanya masih membutuhkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment