≡ Menu

Atasi Jaringan Tidak Terdaftar di HP Samsung

Apakah kamu mengalami masalah jaringan tidak terdaftar di ponsel Samsung? Tentunya hal tersebut akan berdampak pada konektivitas panggilan, yang mana kamu tidak bisa menelpon atau bahkan menerima telepon dari seseorang. Tak perlu panik, karena kendala itu masih bisa diselesaikan.

Ketika ponsel digunakan untuk menelpon seseorang dan tampil notif “Jaringan Tidak Terdaftar“, ini biasanya diakibatkan karena signal yang tidak memadai. Akan tetapi disisi lain juga terdapat penyebab lainnya yang membuat notif itu muncul padahal signal juga penuh.

Itu akan membuat pikiran pusing untuk mengetahui apa penyebab sesungguhnya. Dan kejadian ini marak terjadi di ponsel Samsung. Khususnya bagi seseorang yang tidak memperbarui versi perangkat lunak terlalu lama.

Atasi Jaringan Tidak Terdaftar di HP Samsung

Baca juga: Mengatasi Edge Lighting Tidak Menyala di HP Samsung

Solusi Jaringan Tidak Terdaftar di Ponsel Samsung

Setiap masalah selalu ada cara untuk mengatasinya, itu juga akan terjadi pada kendala yang satu ini. Jadi hilangkan pikiran ragu dan mulai untuk mencoba beberapa langkah untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui penyebab yang membuat hal ini bisa terjadi.

  1. Ponsel gagal memindai jaringan.
  2. Kesalahan pada sistem.
  3. Kartu SIM terblokir.

Hanya itu saja penyebab yang berdampak pada jaringan tidak terdaftar ini. Setiap penyebab diatas memiliki solusi tersendiri dan kamu bisa mencoba semuanya sampai ponsel kamu normal kembali. Dan ada baiknya untuk mulai mencoba dari cara yang pertama.

1. Memindai Jaringan Secara Manual di Pengaturan

Jika ponsel tidak bisa memindai jaringan secara otomatis, ada baiknya kamu membantunya dengan memilih jenis jaringan secara manual. Caranya mudah, silakan menuju Pengaturan > Konektivitas > Jaringan Seluler.

Lalu ketuk pada opsi Pilih Jaringan Secara Manual dan tunggu hingga prosesnya selesai. Nantinya akan ditampilkan daftar jaringan yang bisa digunakan, silakan pilih sesuai kartu SIM yang kamu pakai. Dan ketika jaringan sudah sukses dipilih, silakan coba gunakan ponsel untuk menelpon lagi, pasti kini sudah bisa.

2. Memperbarui Perangkat Lunak atau Mereset Ponsel

Jika cara pertama tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada di sistem ponselnya. Ada dua solusi untuk saat ini yang bisa kamu pilih, yakni memperbarui versi perangkat lunak, atau langsung mereset ponsel ke pengaturan pabrik.

Dan sebagai saran, ada baiknya untuk mengecek pembaruan perangkat lunak terlebih dahulu di Pengaturan. Karena beberapa pembaruan kadang bisa mengatasi masalah ini. Ukuran dari pembaruan biasanya puluhan hingga ratusan Mega Byte, jadi siapkan kuota yang cukup untuk mengunduh pembaruan tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mereset ponsel ke pengaturan pabrik. Akan tetapi ini akan menghilangkan data aplikasi di penyimpanan internal, untuk itu pastikan kamu sudah mencadangkan semua hal penting (kontak, pesan, dll) sebelum mereset ponsel.

3. Mencoba dengan Kartu SIM yang Lain

Coba memasang kartu SIM yang lain pada ponsel, kira-kira apakah terdeteksi dan bisa dipakai untuk menelpon? Jika memang bisa, berarti kendalanya ada pada kartu SIM sebelumnya yang mana ada kemungkinan telah terblokir.

Bisa jadi kamu lupa belum me-registrasi ulang atau lupa tidak mengisi pulsa dalam jangka waktu lama sehingga kartu SIM bisa sampai terblokir. Tentunya apabila sudah terblokir, akses apapun tidak akan bisa dilakukan meski signal dapat muncul dengan baik.

Baca juga: Trik Membuat Koneksi Stabil untuk Bermain Game Online

Akhir Kata

Dari solusi diatas, apakah kamu telah menemukan cara mana yang berhasil mengatasi masalah jaringan tidak terdaftar? Atau barangkali kamu memiliki cara lain untuk mengatasinya, ada baiknya untuk membagikannya di komentar untuk membantu pengguna Samsung yang lainnya.

Masalah jaringan yang tidak terdaftar memang membuat pikiran pusing, sampai-sampai ada seseorang yang menganggap bahwa ponselnya rusak. Tapi selama kamu melakukannya tepat seperti beberapa solusi diatas, sangat menjamin bahwa masalahnya akan teratasi dan ponsel akan normal kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment