Cara Mengaktifkan PIN di Akun Tokopedia

Cara Mengaktifkan PIN di Akun Tokopedia

Sudah tahu kan apa itu Tokopedia? Adalah situs marketplace di Indonesia yang didirikan sejak 2009 dan terus berkembang hingga sekarang. Selain proses jual dan beli disana terbilang mudah, namun keamanan yang ditawarkan juga sangat baik lho.

Terakhir kali Tokopedia menyediakan fitur Authenticator untuk membuat akun tetap aman ketika dibuka atau masuk pada perangkat lain. Dan kini hadir sistem keamanan yang lain, berupa PIN. Dimana itu akan membuat akun semakin ketat, khususnya ketika hendak melakukan transaksi.

Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan OVO pada Tokopedia, hampir seperti itulah kegunaan PIN nantinya. Sehingga pada saat proses pembayaran akan berlangsung, kamu akan diminta untuk menuliskan PIN terlebih dahulu sebelum itu diproses.

Baca juga: Beberapa Cara Mendapatkan OVO Point

Bagaimana Cara Mengaktifkan PIN di Tokopedia?

Pada saat artikel ini dibuat, fitur PIN ini hanya dapat diaktifkan melalui situs web mobile Tokopedia saja. Dan belum tersedia untuk situs web versi desktop atau di aplikasi ponsel. Dan silakan simak tata caranya dibawah ini.

  1. Silakan menuju situs web mobile Tokopedia pada URL berikut m.tokopedia.com
  2. Selanjutnya klik pada menu Akun dibagian bawah

    Klik Menu Akun

  3. Lalu klik pada ikon roda gigi (Setelan) dibagian atas

    Menuju Setelan Tokopedia

  4. Sekarang pilih lagi menu Akun

    Memilih Menu Akun

  5. Dan dibagian keamanan, pilih menu PIN Tokopedia

    Pilih Menu PIN Tokopedia

  6. Sekarang buatlah 6-digit PIN yang diinginkan.

    Proses Membuat PIN Tokopedia
    PIN Tokopedia Berhasil Dibuat

Setelah mengaktifkan PIN, kini segala transaksi yang dilakukan akan membutuhkan PIN untuk melanjutkan transaksi tersebut. Kamu bisa mencobanya langsung apabila pensaran bagaimana cara kerjanya.

Dan pastikan bahwa kamu terus mengingat kode PIN tersebut dan tidak membagikannya kepada siapapun.

Baca juga: Cashback Tokopedia Belum Masuk? Ini Solusinya

Apakah Bisa Mengubah Kode PIN?

Kode PIN dapat diubah dengan syarat kamu harus ingat dengan kode PIN yang sebelumnya. Tata caranya masih sama seperti diatas, dimana ketika menuju menu PIN Tokopedia, kamu akan diberikan opsi untuk mengubah kode PIN.

Mengubah PIN pada Tokopedia

Sementara itu apabila kamu lupa dengan kode PIN yang lama, disana juga tersedia opsi “Lupa PIN Tokopedia” yang mana akan membantu kamu untuk mengatur ulang kode PIN. Dan tentunya verifikasi kode melalui SMS juga akan diperlukan dalam mengubah PIN, demi unsur keamanan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *