≡ Menu

Mencegah Google Menyimpan Riwayat Browsing

Banyak hal yang perlu dilindungi pada internet. Tak hanya identitas saja, tetapi juga hal-hal lain terkait privasi. Itu juga termasuk riwayat browsing di internet. Mungkin sebagian orang tidak tahu apabila saat ini seluruh riwayat penelusuran di Google telah terekam, dan fitur tersebut memang telah diaktifkan secara default oleh sistem Google.

Jadi Google dapat mengetahui apa saja yang kamu cari belakangan ini. Beberapa orang menganggap bahwa hal tersebut tidak terlalu penting, tapi untuk sebagian orang yang memilih untuk melindungi privasinya, lebih memilih untuk mencegah itu terjadi.

Karena jika satu akun Google dipakai oleh banyak orang, pastilah mereka bisa mengetahui apa yang pernah kamu cari di Google, dan itu mengandung masalah bagi kebanyakan orang. Untuk itulah mengapa artikel ini dibuat untuk memberikan tata cara mencegah supaya Google tidak menyimpan riwayat browsing lagi.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Penghematan Data di Google Chrome

Menonaktifkan Fitur Simpan Penelusuran di Google

Sebenarnya tak hanya penelusuran saja yang disimpan oleh Google, namun ada banyak hal lagi seperti “Lokasi” dan sejenisnya. Dan kamu memiliki hak untuk menonaktifkannya. Caranya sangat mudah, silakan simak dibawah ini.

  1. Silakan menuju halaman Aktivitas Saya di Google.
  2. Klik menu Kontrol Aktivitas yang ada disebelah kiri.

    Klik pada Menu Kontrol Aktivitas

  3. Pada bagian Aktivitas Web & Aplikasi, klik opsi disebelahnya untuk mematikan fiturnya.

    Klik Opsi Disebelah Aktivitas Web & Aplikasi

  4. Akan muncul dialog persetujuan. Lanjutkan dengan menekan tombol JEDA

    Klik Tombol JEDA untuk Mencegah Google Menyimpan Riwayat Browsing

Hanya itu saja yang diperlukan untuk menghentikan sistem Google untuk merekam riwayat browsing. Setelah fitur tersebut dimatikan, segala pencarian tak akan disimpan lagi dan hanya tersimpan pada browser saja.

Gunakan Mode Penyamaran atau Incognito

Cara alternatif selain diatas adalah menggunakan mode penyamaran yang tersedia pada peramban yang digunakan. Pada mode tersebut, sistem peramban takkan menyimpan riwayat browsing apapun. Namun Cookies dan Cache akan masih tersimpan secara sementara hingga mode penyamaran tersebut ditutup.

Hampir seluruh peramban kini memiliki mode penyamaran, seperti Chrome, Firefox, dan Opera. Jadi apabila kamu tak ingin menggunakan cara pertama, mungkin dengan memakai mode penyamaran lebih berguna dan juga praktis.

Baca juga: Begini Cara Bermain Game Jadul di Google

Kesimpulan

Walau Google secara default telah mengaktifkan fitur untuk menyimpan riwayat penelusuran, namun setiap pengguna masih memiliki hak untuk menonaktifkannya. Tapi Google pun takkan menyimpan riwayat apapun apabila kondisi peramban saat ini tidak sedang masuk ke akun Google.

Sedangkan memakai mode penyamaran, cenderung cocok digunakan apabila kamu ingin menelusuri internet dengan penjagaan privasi yang lebih baik lagi. Itu seolah kamu sedang menggunakan browser yang baru saja dipasang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment