≡ Menu

Cara Mengganti Aplikasi SMS Default di Android

Cara Mengganti Aplikasi SMS Default di Android

Banyak kelebihan yang ada di ponsel Android, salah satunya adalah tersedia beragam aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui Play Store. Terdapat banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk menghias tampilan ponsel supaya lebih berbeda dari sebelumnya.

Jika hanya ingin menghias tampilan, mungkin pengguna bisa memasang launcher. Namun jika ingin menghias lebih dalam lagi, tentunya harus memasang bermacam-macam aplikasi seperti kontak, SMS (perpesanan), dan lain sebagainya.

Tahukah kamu bahwa aplikasi yang ada di ponsel sebenarnya dapat diganti lho dengan aplikasi yang lain. Contoh sederhananya adalah mengubah aplikasi SMS default (bawaan HP) menjadi aplikasi SMS yang diunduh pada Play Store. Ini sangat mudah, silakan simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

Baca juga: 5 Tips Mempercepat Proses Ngecas Ponsel Android

Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

Sebenarnya ada dua cara yang dapat kamu lakukan, namun disini hanya dibagikan satu cara saja yang effisien untuk membuat aplikasi SMS default berganti ke aplikasi yang dipilih. Sehingga seluruh pesan SMS yang masuk akan menuju ke aplikasi baru yang dipilih.

Tanpa basa-basi lagi, silakan ikuti cara dibawah ini untuk mengubah aplikasi SMS default di Android:

  1. Buka Pengaturan, kemudian menuju menu Aplikasi.

    Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

  2. Tekan tombol opsi (titik tiga) yang biasanya berada dipojok kanan atau kiri ponsel.

    Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

  3. Pilih menu Pengaturan Aplikasi Bawaan.

    Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

  4. Sekarang ketuk pada opsi Pesan.

    Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

  5. Tahap terakhir, cukup memilih aplikasi mana yang ingin dijadikan aplikasi SMS yang baru.

    Tutorial Mengubah Aplikasi SMS Default pada Android

Setelah menyetel seperti diatas, kini seluruh pesan akan tersedia pada aplikasi SMS yang baru diatur tadi. Jangan lupa untuk mengaktifkan pemberitahuan pada aplikasi SMS yang baru, supaya dapat menerima notifikasi apabila terdapat pesan SMS yang masuk.

Rekomendasi Aplikasi SMS Pengganti Terbaik

Mungkin saja kamu sedikit kebingungan memilih aplikasi mana yang dirasa paling bagus dan nyaman untuk dipakai mengirim atau menerima pesan SMS. Disini akan dibagikan 10 daftar aplikasi rekomendasi supaya kamu tidak bingung pilih-pilih lagi.

  • Android Messages
  • Chomp SMS
  • EvolveSMS
  • Facebook Messenger
  • Handcent Next SMS
  • Mood Messenger
  • Pulse SMS
  • QKSMS
  • Textra SMS
  • YAATA SMS

Cukup pilih salah satu dari daftar diatas. Seluruh aplikasi SMS diatas memiliki rating diatas 4.0, jadi tidak perlu diragukan lagi terhadap tampilan atau bahkan kenyamanan ketika menggunakannya.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Mencegah Modus Penipuan Telepon atau SMS

Kesimpulan

Selain hanya mengubah aplikasi SMS saja, bahkan kamu juga bisa lho mengubah aplikasi yang lainnya. Namun ini tergantung dari fungsional yang ada di ROM ponselnya. Terkadang beberapa ponsel tidak memiliki fitur tersebut sehingga tak dapat mengganti aplikasi bawaan pabrik.

Cara diatas dipastikan berhasil untuk ponsel dengan OS Android Lolipop keatas. Untuk OS dibawahnya silakan untuk dicoba dulu, siapa tahu ROMnya mendukung untuk mengubahnya.

Dan satu hal lagi, kamu masih dapat mengubah aplikasi SMS dengan versi default lagi. Cukup lakukan langkah diatas dan pada tahap memilih aplikasi perpesanan, cukup pilih aplikasi SMS bawaan ponsel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment