≡ Menu

Cara Format Kartu Memori Melalui HP Android

Cara Format Kartu Memori Melalui HP Android

Kartu memori adalah bagian yang penting pada ponsel, berguna untuk menyimpan berkas secara aman. Kamu bisa menyimpan segala macam berkas seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Namun ini masih terbatas dari total kapasitas yang dimiliki oleh kartu memori tersebut.

Terkadang kita tidak sadar bahwa kartu memori yang digunakan telah penuh, sehingga satu solusinya adalah menggantinya yang baru. Tapi sebagian orang mungkin masih mempertanyakan apa yang membuat kartu memori itu penuh, karena merasa bahwa ia tidak menyimpan apapun yang dirasa penting. Sehingga muncullah pemikiran untuk menghapus atau memformat segala berkas yang ada didalamnya.

Tahukah kamu bahwa melakukan format kartu memori bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel Android. Ini hanya membutuhkan sedikit langkah dan setelah itu kartu memori benar-benar kosong dan berubah menjadi seperti baru.

Baca juga: Tips Mengatasi Ukuran SDCard Meningkat Drastis di Android

Bagaimana Cara Memformat Kartu Memori di HP Android?

Tak perlu bantuan aplikasi lagi atau bahkan komputer, karena kamu bisa menggunakan fitur yang ada di ponsel untuk memformat kartu memori. Bahkan bukan hanya kartu memori saja lho, tapi flashdisk pun juga bisa apabila ponselnya mendukung OTG.

Berikut ini tata cara untuk memformat kartu memori melalui ponsel Android:

  1. Menuju Pengaturan.
  2. Pilih menu Penyimpanan.

    Cara Memformat Kartu Memori di HP Android

  3. Gulir kebawah sampai pada bagian Kartu SD silakan ketuk pada opsi Hapus kartu SD.

    Cara Memformat Kartu Memori di HP Android

  4. Selanjutnya akan muncul konfirmasi, cukup tekan tombol Hapus Kartu SD untuk melanjutkan.

    Cara Memformat Kartu Memori di HP Android

Jika langkah diatas sudah dilakukan, kini kamu hanya perlu menunggu sebentar dan kemudian kapasitas kartu memori akan kembali penuh, yang mana tandanya proses format telah berhasil. Dan tak perlu ragu mencoba cara diatas, karena ini benar-benar aman selama melakukannya dengan benar.

Mengapa Sudah Format Tapi Kapasitas Kartu Memori Tidak Berubah?

Apabila hal ini terjadi, itu tandanya terdapat kerusakan terhadap kartu memori yang dimiliki. Tapi ada baiknya untuk mencoba mengulang kembali untuk memformat dan mengetahui hasilnya. Jika masih sama tidak berubah, berarti kartu memori memang rusak dan harus di format dengan cara lain.

Jadi, kartu memori yang tidak bisa di format ini biasanya masih bisa dibetulkan melalui komputer, hanya saja kesempatan berhasil cukup kecil. Silakan coba format melalui komputer dengan program bernama SD Formatter, itu merupakan software yang khusus untuk melakukan hal ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Memory MicroSD Tidak Dapat Di Format

Kesimpulan

Melakukan format kartu memori bisa dilakukan dengan cepat tanpa menunggu waktu lama layaknya mereset ponsel, ini hanya membutuhkan beberapa detik saja dan kemudian kartu memori benar-benar bersih dan kosong seperti baru lagi.

Terkadang ini membutuhkan waktu yang sedikit lama, apabila kapasitas kartu memori dan isinya terlalu besar. Misalnya kartu memori ber-kapasitas 16 GB dan berisi berkas sebesar 10 GB. Ini membutuhkan waktu maksimal 5 menit untuk menghapus keseluruhan berkas tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment