Cara Mengatasi Memory MicroSD Tidak Dapat Di Format

MicroSD

Banyak hal yang membuat memory card atau yang disebut MicroSD yang ada pada ponsel terjadi masalah/error. Hal tersebut tidak lain akarena ulah kita sendiri yang belum tahu merawat memory dengan benar seperti mengecek virus, mencopot/eject memory, mengecek kestabilan memory, dan lain-lain. Kali ini akan Saya bagikan cara untuk mengatasi memory yang tidak dapat diformat, dan hal ini membutuhkan bantuan komputer.

Saya sendiri pernah mengalami hal semacam ini dan perlu waktu beberapa jam untuk mengetahui kesalahannya dan akhirnya masalah tuntas. Hal yang Saya alami yaitu tidak dapat memformat memory, dan datanya selalu kembali lagi, bahkan tidak dapat membuat file/menghapus file, karena datanya tidak dapat tersimpan pada memory tersebut dan anehnya, semua data masih dapat disalin/copy ke flashdisk misalnya tanpa ada kendala error pada filenya. Cara yang Saya gunakan menggunakan bantuan CMD di windows, karena untuk memformat langsung dari explorer hanya muncul pemberitahuan bahwa Windows tidak dapat memformat.
Silahkan lihat tata caranya dibawah ini.

    Pertama-tama silahkan copot microSD pada ponsel, dan pasang pada Card Reader.
  1. Selanjutnya silahkan pasang card reader ke PC layaknya memasang USB. Tunggu hingga data selesai dipindai. Jika sudah ada, silahkan lihat directory disknya. Contohnya Removable Disk (G:), jadi yang diingat cukup “G” saja.
  2. Setelah itu silahakan menuju command prompt, dengan cara ketik Windows => R. Dan ketikan CMD dan klik ENTER.
  3. Lalu silahkan ketikan langsung seperti ini. FORMAT G:/ FS:FAT32
  4. Silahkan ubah text berwarna hijau dengan directory drive memory yaang rusak, diatas contohnya terletak pada directory G. Setelah itu klik lagi ENTER. dan jika ada notifikasi lagi, silahkan klik ENTER sekali lagi dan, proses format akan dimulai.

Hanya dengan sedikiit cara diatas sudah dapat memperbaki memory ponsel yang rusak, dan pemanggilan format diatas menggunakan FAT32, yang memungkinkan semua memory ponsel memakai tipe itu. Tidak perlu khawatir dengan berhasil tidaknya karena cara ini bisa terbilang aman dan tidak memaksa supaya bisa, jadi jika tidak bisa akan muncul notifikasi seperti gagal dan hal tersebut biasa diperoleh pada memory yang terkena write-protect. jadi sebelum memformat, pastikan memory yang kamu miliki tidak terkena penyakit tersebut, soalnya sembuhnya rumit. :mrgreen: Cara diatas sudah Saya coba lakukan pada microSD v-gen 8GB dan proses formatnya berjalan dengan baik, awalnya memng ragu, tapi setelah dicoba ternyata berhasil.

Yang perlu diperhatikan pada metode ini adalah mengetahui directory memory berada. terkadang bisa G, F, dan lain-lain. Jadi supaya tidak salah dalam memformat. Cara ini sama halnya memformat menggunakan diskpart yang bisa menjadi alternatif format dari windows explorer, hanya saja Saya lebih suka menggunakan CMD. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaaat dan Selamat mencoba

52 comments
    1. Paling lama sekitar 15 Menit, jika sudah 15 Menit tapi tidak berjalan, coba format menggunakan program bernama SD Formatter. Namun apabila masih tak mengatasinya, berarti kerusakannya sudah sangat parah.

  1. Sy sdh lakuin cara d atas, tp yg keluar invalid parameter. Gmn ngatasinnya bro. Gan Bagi link software SD formatter. Biar jgn nyasar2 kmn mn.

  2. gan gua ga bisa dengan cara diatas. Saya juga sudah coba mengganti FORMAT G:/FS:FAT32 menjadi=
    ~FORMAT G:/FS:FAT
    ~FORMAT G:/FS:exFAT
    ~FORMAT G:/FS:NTFS

  3. mau tanya, MicroSD saya tidak dapat diformat, ketika sudah menggunakan CMD muncul sebagai berikut :

    Insert new disk for drive F:
    and press enter when ready

    itu kenapa yaa gan

  4. gan. saya kan mau mmformat kartu sd saya yg 8 gb. lewat command prompd tapi di laptop saya muncul gini c:\user\acer>
    terus misalkan saya ketik FORMAT G:/ FS:FAT32. apa gak memformat hardisk di laptop saya yang C.
    tolong di balas, dan juga saya sdh mndownload aplikasi SD Formating juga tidak bisa,

    tolong bantuanny,,

    1. Tidak, karena yang diformat pada drive G, untuk itulah Saya menjelaskan diatas untuk melihat dulu dir yang tepat saat ini digunakan oleh micro SD

    1. Maaf, jika terkena write protected, cara diatas tidak beguna dan salah satu solusi untuk hal tersebut adalah mengedit dari registry. Saat ini di website Blog Second tidak memiliki tata caranya, tapi akan Saya usahakan untuk mengupdate di lain waktu. Untuk itu pengguna bisa mencari dahulu tentang cara mengatasi SD Card yang terkena Write Protected pada mesin pencari seperti Google.

    1. Teks hijau diatas adalah G, jadi harap ganti teks G tersebut dengan directory dimana SD Card berada. Karena bisa saja F, atau H, dan untuk mengetahuinya bisa langsung menuju Explorer.

  5. sedikit informasi buat agan2 yg lain, pada saat card reader sudah dicolokkan biasanya ada massage untuk memformat microSDnya, biarkan saja. artinya jangan di click tombol “format” atau tombol “cancel” nya. langsung aja ikuti perintah 2. dstnya, pasti succses…

  6. terimakasih informasinya gan, ternyata sucses, microSD saya yang 8 GB errornya sudah hilang, walau terbaca cuma 7,4GB…

    1. Masalah write protect harus diselesaikan terlebih dahulu, silahkan cari informasi tentang menghilangkan write protect di Google. Karena diblog ini masih belum ada tutorial mengatasi untuk itu.

  7. Gan ini aq punya memori gak bisa ku format… Klo aq format slalu operasi gagal gan, gan gimana caranya klo aq format di hp nokia?
    Gan aq butuh bantuannya masalanya ini memori punya data2 penting…
    Thank you

    1. Jika bisa, Silahkan backup dulu semua datanya pada komputer, lalu lakukan format dengan cara diatas, jika masih tidak bisa silahkan gunakan software SD Formatter.

      1. Kalau ada data penting, coba ketik di CMD nya CHKDSK G: /R
        *G posisi SD card, coba cek dulu bisa di H atau I

  8. Bro sd card ane kan waktu itu di partisi, yang satu fat32 dan satunya lagi ext4. Nah ane bingung tiap kali ngeformat yang partisi fat32, pas disambungin ke hp datanya balik lagi. Gitu jg sebaliknya tiap kali nambah data pas hp dI restart, data yang td ditambah jadi hilang. Kira kira mmc ane kenapa ya gan ? Mmc sandisk 32gb

    1. Apakah class memory 10+, biasanya itu dikarenakan sering mengirimkan, menghapus, file besar dalam jangka waktu dekat secara menerus, contohnya SWAP. Jadi coba format dengan software SD formatter pada PC.

  9. file tetep bisa d copy, tp wktu d format keluar invalid drive specification gan.
    ane pake pi-gen class 10 16gb.
    kira-kira kenapa ya?

    1. Sepertinya SD Cardnya sudah tidak bisa digunakan lagi. Kemungkinan jika susah untuk formatnya, class dari SD Cardnya rendah. Kalau class tinggi biasanya mudah kalo dibetulkan.

  10. gan, kok tulisannya gini ya The Volume Is too small for FAT32?
    Ane pake sand*sk ultra class 10 32gb gan, baru pake seminggu, truss tiba2 gabisa dibuka, sama windowsnya suruh nge format, tp di format pake cara biasa ngga bisa

    1. Kalau tidak bisa menggunakan cara diatas, berarti memang sudah parah sekali. Coba juga software SD Formatter. Kemungkinan itu SD Card class rendah yang sulit diperbaiki.

  11. Thanks infonya.. Sayangnya saya msh gagal menghapus / format sdcard saya. Sudah semua jurus digunakan. Format via windows, via cmd, compmgmt, dst.. Sampai dengan hapus manual satu satu juga file yg sudah terhapus, muncul lagi..
    Kapasitas sdcard saya 32gb, merk transcend class 10..

    Ada jurus lain kira-kira? Thx

    1. Jika semua filenya masih terbaca, berarti SD Card masih tidak rusak dan memang bisa diatasi tapi sulit. Jika tidak bisa di Windows, biasanya diformat lewat Mac bisa, tapi tidak semua orang punya PC tsb. Saran Saya lebih baik backup dulu dan menunggu cara yang lebih ampuh 😀

  12. mhon bntuannya.aq kn sedang maen game online tiba2 kluar sndri trz ada tlisan tiba2 sd trlepas.aq lgsg restart tp ttep ja ada icon mmc brtnda (!).dah aq lepas pasang lg jg,ttep gt.aq brsihkn jg ttap gk bsa.lgsg aq kwarnet q pasang ke pc.ada sih tlisan removeble ‘g’..tp saat di klik ada perintah di format.aq dah format br x x tp ttep gk bsa eror mulu.anehny saat menu propertis kapasitas mmc 0mb trsedia jg 0mb.bkan mslah gnti mmc lg tp yg aq syg’kn data2ny.kn kalo bs diformat seenggakny bs di recovery sbgian datany.mhon dblz.pntg bgt.mkcih

    1. Cobalah mencoba MMCnya di ponsel lawas seperti Nokia. Terkadang data-datanya dapat terbaca semua dan bisa dibackup lewat kabel data Nokia. Hal ini juga pernah dialami teman Saya dan memang tidak bisa diselamatkan, namun masih bisa dibackup dari ponsel Nokia dengan kabel data USB ke PC.

  13. thanks gan informasinya, masalahnya sama persis dgn sy gan, hanya saja sudah 2 kali sy ikuti instruksi demikian, muncul pesan bahwa memory sy terlalu besar utk diformat, padahal jika melihat ukuran hanya 16 GB, sy pikir lebih kecil dibandingkan review agan yg ditampilkan pd features thumb postingannya agan, adakah cara lain gan? thanks ya gan

    1. Coba memakai software SD Formatter, Software tersebut juga bekerja melalui CMD dan sepertinya memiliki opsi yang mudah untuk digunakan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.