≡ Menu

4 Cara Mengatasi Keyboard Tidak Muncul di COC

4 Cara Mengatasi Keyboard Tidak Muncul di COC

Siapa sih yang tidak kenal dengan game COC (Clash of Clans), itu merupakan game strategi buatan Supercell yang sangat menarik dan membuat banyak orang ketagihan. Faktanya COC pernah menjadi game paling populer di Play Store sekitar pada tahun 2015-2016.

Sehubungan COC merupakan game online, jadi setiap progress game akan lebih aman tersimpan pada akun SuperCell ID, sehingga meski ponsel rusak ataupun hilang, kamu masih tetap bisa mengakses akun COC melalui SuperCell ID yang telah dibuat.

Proses pembuatan SuperCell ID tergolong mudah. Hanya saja disebagian ponsel terdapat suatu kendala, yaitu keyboard yang tidak muncul. Proses pendaftaran ataupun masuk ke akun SuperCell ID akan bergantung pada keyboard ponsel, karena perlu untuk mengetik email dan kode verifikasi. Jika keyboard tidak muncul, tentunya mustahil untuk masuk atau mendaftar akun SuperCell ID.

Jika sekarang kamu mengalami masalah serupa, sebaiknya jangan cemas. Karena artikel ini akan menunjukkan beberapa cara mengatasi keyboard yang tak muncul di game COC. Terus simak untuk mengetahui solusinya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

Solusi Keyboard Tidak Muncul pada Game COC

Terdapat beragam cara yang bisa kamu lakukan, dan sebenarnya penyebab satu-satunya dari masalah ini adalah satu, yaitu kapasitas RAM yang tidak memadai. Dan biasanya ini lebih sering terjadi pada ponsel dengan RAM 1GB atau 512Mb.

Tapi cara yang akan dibagikan disini akan menjamin kamu dapat kembali mengakses atau mendaftar di COC tanpa ada kendala lagi. Cukup ikuti mulai dari cara yang pertama.

1. Restart Ponsel Sebelum Membuka COC

Memulai ulang ponsel akan berdampak baik pada sistem, dimana suatu aplikasi yang berjalan di latar belakang akan dibersihkan sehingga kapasitas RAM bebas akan bertambah. Dengan begitu ponsel kini akan mampu untuk memunculkan keyboard ketika kamu hendak masuk atau mendaftar di COC.

Selain itu, alur permainan juga akan terasa lebih enteng dari sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan proses yang berjalan lebih sedikit. Namun jika sekiranya keyboard masih tidak muncul, cobalah langkah selanjutnya.

2. Pakai Aplikasi Game Booster

Aplikasi Game Booster berfungsi nyaris sama seperti me-restart perangkat, hanya saja ini tidak perlu memulai ulang dikarenakan dapat langsung membersihkan aplikasi di latar belakang dengan cepat.

Sangat cocok digunakan apabila game COC sering keluar sendiri, atau ketika keyboard muncul seebntar dan kemudian menghilang seketika. Tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini, silakan unduh Game Booster melalui Play Store.

Cara pemakainnya sangat sederhana, cukup buka Game Booster, lalu ketuk pada game COC dan tunggu sampai proses pembersihan selesai, dan setelah itu kamu akan memasuki game dan silakan coba untuk mendaftar atau masuki. Apakah kini keyboardnya sudah muncul?

3. Pastikan Bahwa Ponsel Menggunakan Keyboard Original

Mengapa lebih disaranakan menggunakan keyboard original? Itu karena memory yang dibutuhkan sangat kecil ketimbang keyboard tambahan yang diunduh di Play Store. Biasanya keyboard original hanya menggunakan setidaknya 10MB, sedangkan keyboard tambahan mencapai 20MB keatas.

Untuk mengubah keyboard saat ini ke original, cukup menuju Pengaturan > Bahasa dan Masukan > Default. Ubah menjadi Android Keyboard atau AOSP.

Setelah mengubahnya, silakan ulangi lagi masuk ke game COC dan semoga kali ini keyboardnya bisa muncul.

4. Menggunakan Keyboard External

Jika ketiga cara diatas sama sekali tidak berhasil, masih ada cara satu lagi yang tergolong paling AMPUH dari yang lainnya. Yakni memakai keyboard external. Jadi yang diperlukan sekarang adalah keyboard komputer dan kabel OTG.

Pastinya ponsel Android dapat dengan baik merespon setiap karakter pada keyboard external dan kini kamu bisa mendaftar atau masuk COC tanpa terhalang keyboard yang tak muncul lagi. Jadi cukup mengetuk pada kolom dan kemudian bisa langsung mengetik dari keyboard external.

Baca juga: Cara Mengirimkan Emoji Melalui Keyboard Android

Kesimpulan

Apakah kamu sudah menemukan cara mana yang berhasil untuk menampilkan keyboard pada game COC? Secara keseluruhan ini hanya soal kapasitas RAM bebas yang perlu ditambah supaya ponsel tak terbebani dan mampu menampilkan keyboard dengan baik.

Dan apabila kamu memiliki cara lain yang terbukti berhasil dapat menampilkan keyboard pada game COC selain cara diatas, silakan bagikan pada komentar jika berkenan.

Semoga bermanfat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment