≡ Menu

Cara Menonaktifkan “Press Ctrl+Alt+Del to Log on” pada Windows

Cara Menonaktifkan

Tahukah kamu bahwa Windows memiliki fitur keamanan tersendiri yang digunakan untuk membuat privasi komputer selalu terjaga dari orang lain. Salah satunya adalah fitur untuk mengatur sandi (password) kepada setiap user yang ada di komputer.

Sehingga setiap user yang memasuki komputer akan diharuskan menuliskan sandi sebelum desktop terbuka. Dan biasanya user harus menekan tombol CTRL+ALT+DEL supaya kolom username beserta password dapat terbuka.

Tapi kamu bisa lho menonaktifkan itu supaya setiap user bisa langsung menuliskan sandi tanpa perlu menekan tombol tersebut terlebih dahulu. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menonaktifkannya fitur tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Letak Taskbar pada Komputer Windows

Mematikan Fitur “Press Ctrl+Alt+Del to Log on” pada Komputer

Sebelum melangkah lebih jauh, tutorial yang akan dibagikan disini hanya akan menonaktifkan suatu fitur saja. Setiap user yang ada di komputernya akan tetap bisa login seperti biasa. Dan kamu masih bisa mengaktifkannya kembali apabila itu yang diinginkan.

  1. Tekan tombol WIN+R kemudian ketik netplwiz, dan ENTER.

    Mematikan Fitur

  2. Silakan menuju tab Advanced.

    Mematikan Fitur

  3. Jangan centang pada opsi Require users to press Ctrl=Alt+Delete.

    Mematikan Fitur

  4. Tahap terakhir, klik tombol OK.

Sekarang cobalah untuk me-restart komputernya, pasti tidak akan disuruh menekan tombol tersebut lagi dan bisa langsung login.

Solusi Opsi “Require users to press Ctrl+Alt+Delete” Tidak Bisa Diklik (Greyed Out)

Ada kalanya opsi tersebut tak dapat ditekan atau dengan maksud berwarna abu-abu (greyed out). Itu berarti sistem mencegah pengguna untuk menonaktifkan fiturnya. Namun walaupun begitu, terdapat solusi untuk mengatasi kendala ini, yaitu menggunakan cara alternatif.

  1. Tekan tombol WIN+R kemudian ketik secpol.msc, dan ENTER.

    Solusi Opsi

  2. Klik Local Policies -> Security Options.

    Solusi Opsi

  3. Gulir kebawah dan klik pada Interactive logon: Do not require CTRL+ALT+DEL

    Solusi Opsi

  4. Ubah menjadi Enabled.

    Solusi Opsi

  5. Selesai, tahap terakhir adalah menekan tombol OK.

Cukup sederhana bukan? Tapi jika kamu sekarang memakai Windows 7, silakan langsung ke START dan mencari Local Security Policy. Sebab jika memanggil ke “secpol.msc” tidak akan bisa. Dan cara ini sangat ampuh, tak ada kata gagal untuk kali ini.

Baca juga: Tutorial Mengaktifkan Teks ClearType di Windows 7

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada satu cara alternatif lagi, yakni menggunakan regedit. Namun sepertinya itu tak perlu dijabarkan, karena kedua cara diatas sudah pasti akan berhasil. Dan sangat disarankan untuk menggunakan cara paling awal, alias jangan langsung memakai cara alternatif.

Cara untuk mengaktifkannya kembali juga sangat sederhana. Untuk cara pertama, kamu hanya perlu memberi centang kembali. Sedangkan cara kedua (alternatif), cukup mengubah dari Enabled menjadi Disabled.

Jika ada pertanyaan mengenai tutorial diatas atau barangkali kamu memiliki cara lebih mudah daripada kedua diatas, silakan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment