≡ Menu

Cara Menambah Kapasitas Recycle Bin pada PC

Cara Menambah Kapasitas Recycle Bin pada PC

Kegunaan dari Recycle Bin yang ada di komputer Windows adalah mengarantina seluruh berkas yang baru saja dihapus. Bisa dilihat bahwa Recycle Bin memiliki peranan yang sangat besar terhadap kelangsungan berkas, apalagi jika kamu sering sekali menghapus sesuatu tanpa disengaja, pasti akan terbantu dengan adanya fitur Recycle Bin ini.

Secara umum, Recycle Bin juga memiliki batasan tersendiri dalam menyimpan berkas yang dapat dikelola. Sehingga jika kapasitas Recycle Bin telah penuh, maka akan muncul dialog perizinan untuk menghapus berkas tersebut secara permanen.

Kabar baiknya, kamu masih bisa menambah kapasitas tersebut supaya lebih besar dari sebelumnya. Dan untuk melakukannya pun tidak lah sulit, karena Windows sendiri telah menyediakan fitur tersebut, sehingga segalanya akan aman terkendali.

Baca juga: Cara Membersihkan Berkas Sementara pada PC

Tutorial Menambah Kapasitas Recycle Bin di Windows

Tata cara ini hampir sama seperti menonaktifkan Recycle Bin, hanya saja kali ini tujuannya adalah menambah kapasitas atau ukuran dari Recycle Bin supaya dapat mengelola lebih banyak file yang terhapus. Langsung simak caranya dibawah ini.

  1. Silakan menuju Windows Explorer dan klik kanan pada Recycle Bin, kemudian pilih menu Properties.

    Tutorial Menambah Kapasitas Recycle Bin di Windows

  2. Perhatikan bagian “Settings for selected location“, pilih pada opsi Custom Size.

    Tutorial Menambah Kapasitas Recycle Bin di Windows

  3. Disampingnya terdapat kolom, isikan dengan maksimal ukuran yang ingin ditetapkan. Misalnya 10000 untuk 10 GB.

    Tutorial Menambah Kapasitas Recycle Bin di Windows

  4. Setelah selesai mengaturnya, klik tombol OK.

    Tutorial Menambah Kapasitas Recycle Bin di Windows

Hanya itu saja yang perlu dilakukan untuk menambah kapasitas Recycle Bin. Sebagai saran, jangan menambah terlalu banyak dan sesuaikan pada kapasitas drive. Misalnya jika komputernya menggunakan HDD total 500 GB, maka yang disarankan adalah mengatur 10 sampai 50 GB saja pada Recycle Bin.

Baca juga: Inilah Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Kesimpulan

Pada tutorial ini, kamu bisa menambah atau bahkan mengurangi jumlah kapasitas pada folder Recycle Bin. Idealnya total ukuran yang paling baik adalah 10 GB, tapi itu terserah apa yang kamu inginkan, dan yang terpenting jangan samakan dengan total kapasitas drive.

Lagipula berkas yang tersimpan pada Recycle Bin hanya bersifat sementara, karena akan terhapus permanen secara otomatis 30 hari sesaat berkas itu ditambahkan kesana. Dan dengan ukuran total 10 GB pastinya sudah mencukupi untuk mengelola berkas yang akan dihapus selama 1 bulan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Umplong Januari 2, 2019, 11:26 pm

    O iya ngomon ngomong recycle bin nyimpanya di C kah??? Berarti kalau menambah kapasitas recycle bin berarti ngepotong kapasitas C ???

    • rrobyf Januari 3, 2019, 9:57 am

      Tidak gan, setiap drives memiliki Recycle Bin sendiri-sendiri.

Leave a Comment