≡ Menu

3 Aplikasi Penurun Suhu CPU Android Paling Terbaik

3 Aplikasi Penurun Suhu CPU Android Paling Terbaik

Suhu CPU pada ponsel Android dapat meningkat selama terus digunakan. Suatu saat kamu akan merasakan suhu panas yang tinggi ketika memegang ponsel dan tentu hal tersebut terdapat alasannya. Seperti contohnya menggunakan ponsel untuk bermain game, atau melakukan multitasking secara berlebihan.

Pastinya setiap orang tidak ingin ponselnya terus memanas, karena khawatir terdapat kerusakan dalam pada komponen dan juga mengingat bahwa pada ponsel tidak memiliki cooling fan layaknya pada laptop. Sehingga satu cara yang bisa dilakukan adalah menurunkan suhu CPU tersebut.

Jadi bagaimana cara menurunkan suhu CPU pada Android? Apakah harus menggunakan kipas angin? Tentu saja tidak. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi yang bisa mengontrol suhu CPU pada ponsel supaya tidak berlebihan dan ini membantu untuk mengurangi temperatur dan membuatnya tetap normal dan tak sampai overheat.

Dari banyaknya aplikasi tersebut, tulisan ini hanya akan memilihkan untuk kamu tiga aplikasi yang benar-benar teruji dan berfungsi sepenuhnya untuk menurunkan suhu CPU ponsel. Dan bagian terbaiknya adalah, kamu bisa menggunakan ketiga aplikasi ini.

1. Greenify

Gambaran dari Aplikasi Greenify di Android

Aplikasi Greenify bekerja dalam bidang meng-hibernasikan aplikasi, sehingga aplikasi yang telah terpilih akan di-hibernasikan dalam satu ketukan saja. Secara keseluruhan, Greenify lebih manjur jika dibandingkan aplikasi task killer untuk menghentikan suatu aplikasi di latar belakang.

Sebab Greenify akan langsung menghentikan aplikasi yang dipilih dan membuatnya tidur sampai tidak terbangun lagi kecuali kamu membuka kembali aplikasi tersebut. Pastikan juga bahwa kamu tidak menidurkan aplikasi sejenis chat, perpesanan, dan telepon, supaya tidak melewatkan pemberitahuan dari aplikasi tersebut.

Selain itu, Greenify juga termasuk dalam aplikasi penghemat baterai terbaik. Bagi sebagian ponsel, mungkin membutuhkan akses root untuk membuatnya berfungsi. Sementara itu Greenify pun sebenarnya juga sudah bisa dijalankan meski ponsel tak berstatus rooted.

2. Hibernate My CPU

Gambaran dari Aplikasi Hibernate My CPU di Android

Ini adalah aplikasi yang bisa membantu ponsel bisa tidur lebih nyenyak ketika dalam modus terkunci. Jadi seluruh aplikasi akan di-hibernasikan secara otomatis dan tidak akan ada aplikasi yang berjalan lagi.

Sesuai pada tampilan utama aplikasi Hibernate My CPU, bahwa sistemnya berkerja dalam pembatasan CPU supaya tidak digunakan berlebihan hanya pada modus lockscreen saja. Jadi intinya ini tidak bekerja ketika layar ponsel hidup.

Ukurannya yang kecil tak akan pernah membabani ponsel kamu dan ini sangat cocok sekali untuk dipasang. Selebihnya kamu juga mendapat hal positif lain, seperti penghematan baterai yang lebih baik lagi.

Baca juga: 4 Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

3. Cooling Master

Gambaran dari Aplikasi Cooling Master di Android

Mungkin kamu sebelumnya sudah tahu dong mengenai aplikasi bernama Clean Master, tapi aplikasi tersebut lebih berfokus pada pembersihan sampah file di Android. Sementara aplikasi Cooling Master ini justru fokus pada penurunan CPU dari suatu aplikasi yang dianggap membuat suhu ponsel meningkat drastis.

Adanya fitur real-time monitoring akan membuatmu selalu tahu suhu CPU ponsel saat ini. Sehingga jika kamu melihat adanya peningkatan drastis, cukup scan menggunakan Cooling Master untuk mengetahui aplikasi yang overheating

Sejauh ini Cooling Master telah dipasang lebih dari 10 juta kali dan mendapat nilai 4.5 pada Play Store dari 500 ribu orang yang mengulas. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba Cooling Master apabila ponsel kamu sering panas.


Itulah ketiga aplikasi terbaik untuk menurunkan suhu CPU pada ponsel Android kamu. Tapi sekiranya kamu memiliki rekomendasi aplikasi lain yang bisa terjamin untuk menurunkan suhu ponsel, silakan bagikan juga di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment