≡ Menu

Trik Unik Menyimpan Video Melalui Facebook Lite

Lite adalah nama dari aplikasi Facebook versi kecil yang bisa dijalankan pada segala jenis jaringan. Tak peduli lagi koneksi internet lambat, karena kamu akan selalu bisa membuka Facebook dengan nyaman. Ditambah ukurannya yang tidak terlalu besar, yaitu setara 2 MB saja.

Gambar dan video yang diunggah oleh teman-teman Facebook akan terkompres otomatis oleh Facebook Lite, sehingga inilah yang membuat aplikasi ini benar-benar dapat menghemat kuota dengan sangat baik. Namun bicara tentang video, bukankah menyenangkan apabila video yang habis kita lihat dapat kita simpan nantinya?

Menyimpan video dari Facebook Lite bukanlah hal yang mustahil, namun Facebook sendiri tidak memberikan fitur untuk itu. Sehingga artikel ini akan memberikan semacam trik unik yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan video yang habis ditonton sebelumnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Gambar Melalui Facebook Lite

Trik Menyimpan Video dari Facebook Lite

Sebelum melanjutkan ke tutorial, bahwa trik ini tidaklah menyalahi aturan selama kamu mennyimpan video tersebut hanya untuk pribadi saja alias tidak disebarluaskan kembali. Dan metode ini memanfaatkan berkas cache yang tersimpan pada data Facebook Lite. Selebihnya, berikut ini trik lengkapnya.

  1. Putar satu video dari Facebook Lite.
  2. Jika sudah, buka file manager dan menuju direktori Android/data/com.facebook.lite/cache/video

    Menyimpan Video dari Facebook Lite

  3. Nah sekarang kamu pasti akan menemukan folder dengan nama yang aneh, silakan pilih salah satu folder tersebut.

    Menyimpan Video dari Facebook Lite

  4. Didalam foldernya terdapat berkas bernama 000000000, silakan tambahkan ekstensi MP4 diakhiran, sehingga menjadi 000000000.mp4

    Menyimpan Video dari Facebook Lite

  5. Sekarang coba putar videonya, dan jika berhasil, cukup salin video tersebut ke direktori yang diinginkan.

Yang perlu diperhatikan dari cara diatas adalah bagian direktorinya, sebab jika ada salah sedikit saja pasti tidak akan menemukan folder dengan nama yang aneh tersebut. Jika sebelumnya kamu memutar banyak video, pastilah disana terdapat banyak nama folder aneh, sehingga harus memilih satu-persatu untuk mendapatkan video yang diinginkan.

Meningkatkan Kualitas Video pada Facebook Lite

Secara default, video telah terkompres sebaik mungkin supaya ukurannya menjadi sangat kecil. Tapi jika kamu lebih ingin video tersebut tidak buram dan dapat dilihat dengan baik layaknya pada aplikasi Facebook biasanya, silakan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka Facebook Lite dan ketuk pada bagian opsi.

    Meningkatkan Kualitas Video pada Facebook Lite

  2. Gulir kebawah dan pilih menu Pengggunaan data.

    Meningkatkan Kualitas Video pada Facebook Lite

  3. Tahap terakhir adalah me-nonaktifkan Penghemat Data

    Meningkatkan Kualitas Video pada Facebook Lite

Dengan me-nonaktifkan penghemat data, kualitas foto dan video pada Facebook Lite tidak akan dikompres secara maksimal sehingga kualitasnya akan lebih bagus jika dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Cara Mencegah Video Diputar Otomatis pada Facebook Lite

Kesimpulan

Facebook Lite menggunakan fitur cache untuk video dan gambar bertujuan guna untuk menghemat pengeluaran data pengguna. Dan berkas cache tersebut biasanya akan terhapus secara otomatis pada hari berikutnya.

Tak perlu khawatir menggunakan trik ini jika kamu hanya ingin menyimpan video untuk ditonton pada ponsel nantinya. Tapi sebaiknya jangan sampai menyebarluaskan atau mengunggah video yang disimpan tersebut ke sosial media lagi atau bahkan Youtube, sebab hal tersebut jelas menyalahi aturan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment