≡ Menu

Cara Mengatur Kecerahan Layar pada Semua HP Android

Salah satu hal yang terkait dalam kenyamanan disaat menggunakan ponsel adalah kecerahan layar. Jika ponsel terlalu cerah disaat kondisi gelap, tentu lama-lama itu akan membuat mata sakit. Atau sebaliknya, layar terlalu redup disaat kondisi berada di luar rumah.

Jika kamu mencari solusi untuk mengatasi kendala tentang kecerahan layar tersebut, sangat cocok sekali untuk membaca tulisan yang satu ini. Karena disini akan dibagikan bagaimana cara mengatur kecerahan tersebut untuk segala ponsel Android termasuk Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, dan juga ponsel lain termasuk lokal Advan & Evercoss.

Setiap ponsel Android memiliki kemampuan untuk mengatur kecerahan layar, dan satu hal terbaiknya adalah menu untuk mengaturnya pada seluruh Android adalah sama. Bahkan untuk beberapa ponsel juga diberikan kemudahan untuk langsung mengaturnya dari panel notifikasi.

Baca juga: Night Screen – Aplikasi Mode Malam untuk Layar Android

Tutorial Mengatur Kecerahan Layar pada HP Android

Sebagian HP Android memiliki fitur untuk mengatur layar sebagai Otomatis, yang mana ini akan mendeteksi melalui sensor yang ada pada ponsel dan mengaturnya sebagai yang terbaik. Selengkapnya silakan simak tutorial berikut ini untuk mengatur kecerahan layar Android.

  1. Silakan menuju Pengaturan
  2. Tekan menu bernama Tampilan

    Mengatur Kecerahan Layar pada HP Android

  3. Kemudian tekan lagi menu bernama Kecerahan

    Mengatur Kecerahan Layar pada HP Android

  4. Sekarang silakan atur kecerahan sesuka hati dengan cara menggesernya.

    Mengatur Kecerahan Layar pada HP Android

Setidaknya hanya perlu 10 detik saja untuk melakukan cara diatas, tidak perlu bantuan aplikasi lagi untuk mengubah kecerahan layar karena melakukan secara manual seperti diatas sudah tergolong cepat dan praktis.

Mengatur Kecerahan Layar Android Melalui Panel Notifikasi

Seperti yang dikatakan diatas tadi bahwa untuk sebagian ponsel bisa mengatur kecerahan layar melalui panel notifikasi. Jadi ini jauh lebih praktis lagi jika dibandingkan dengan cara diatas. Kebanyakan fitur ini ada pada ponsel Samsung, tapi silakan lihat saja langsung pada ponsel yang kamu gunakan sekarang.

Mengatur Kecerahan Layar Android Melalui Panel Notifikasi

Jika ada, maka akan ada opsi untuk mengubah kecerahan layar yang tampil disana seperti gambar diatas. Tetapi jika tidak ada, sebaiknya tidak perlu memaksakan dan cukup pakai cara diatas tadi.

Baca juga: Cara Mengatur Waktu Tampilan Layar Redup pada Laptop

Adapun aplikasi yang dapat membantu untuk mengatur kecerahan layar, namun sepertinya menggunakan aplikasi bukanlah hal yang pintar, mengingat bahwa mengatur kecerahan pada layar tidaklah sering, sehingga melakukan secara manual jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment