≡ Menu

Mengatasi Situs Tidak Ada Deskripsi pada Pencarian Google

Mengatasi Situs Tidak Ada Deskripsi pada Pencarian Google

Deskripsi yang tampil pada pencarian Google sangatlah berguna untuk beberapa faktor. Orang akan tahu apa yang akan dibaca nantinya dan juga ini mempengaruhi nilai SEO. Sistem Google pun sebenarnya sudah pintar dalam pengambilan deskripsi konten, tapi siapa sangka jika ternyata deskripsi masih tetap saja kosong atau tidak sesuai konten.

Mesin telusur seperti Google, Yahoo, dan lain-lain mengambil deskripsi suatu halaman berdasarkan meta tags yang biasanya ada pada bagian header website. Memungkinan deskripsi akan tepat sesuai yang diharapkan.

Jika situs yang kamu miliki tidak tampil deskripsi yang sesuai dengan konten, itu tandanya terdapat kekliruan dalam penulisan meta tags deskripsi tersebut, tapi ada pula hal lain yang menyebabkan ini terjadi dan artikel ini akan membantu kamu mengatasinya.

Baca juga: Memaksimalkan Keyword Supaya Artikel di Urutan Atas SERP

1. Mengecek Kode Meta Tags Deskripsi pada Halaman

Lakukan pengecekan terhadap template situsnya, atau cara paling mudahnya adalah melakukan view source di peramban. Perhatikan pada meta tags deskripsi apakah telah dituliskan dengan benar atau justru memiliki kesalahan, baik itu pada penutup atau kekurangan kode.

Berikut ini contoh kode meta tags deskripsi yang benar.

<meta name="description" content="DESKRIPSI"/>

Pada teks DESKRIPSI silakan isikan dengan deskripsi singkat mengenai konten yang terdapat pada halamannya. Dan perlu diketahui bahwa deskripsi untuk setiap halaman harus berbeda-beda atau dengan maksud tidak harus homepage saja.

2. Menambah Deskripsi pada Blogger dan WordPress

Mungkin saja kamu lupa belum menambah deskripsi pada artikel yang dibuat sehingga deskripsi tidak tampil sesuai seperti pada konten. Ada dua platform blog yang akan dibahas disini, silakan ikuti petunjuk sesuai platform blog yang digunakan.

Blogger (Blogspot)
Menambah Deskripsi Konten pada Blogger

Pada sebelah kanan, tekan tombol search description dan isikan kolomnya dengan sekilas deskripsi artikelnya

WordPress
Menambah Deskripsi Konten pada WordPress

Gunakan plugin Yoast SEO dan ketika membuat artikel baru, gulir kebawah dan temukan kolom untuk mengisikan deskripsi

Ingat, setelah melakukan cara kedua ini, kamu juga harus melakukan kembali cara yang pertama untuk memastikan bahwa deskripsi tertulis dengan benar.

3. Mengecek Robots.txt

Segala mesin telusur menghormati terhadap robots.txt disaat melakukan crawling. Dengan begitu mereka akan tahu mana yang patut untuk di-indeks. Dan biasanya jika terdapat suatu halaman yang tidak diperbolehkan, sistem Google tak akan mengindeksnya.

Tapi kadang kejadian aneh terjadi, dimana Google masih saja tetap mengindeks halaman yang sudah tidak diperbolehkan. Namun ada perbedannya pada deskripsi, dimana tampil “No information is available for this page.” pada bagian deskripsi.

Tidak Tampil Deskripsi pada Pencarian Google

Jika sekiranya situs kamu menampilkan hal yang sama seperti itu, berarti terdapat kesalahan pada robots.txt yang memblokir akses para crawler untuk bisa mendapatkan konten halaman.

Solusinya sangatlah mudah, silakan menuju berkas robots.txt yang biasanya ada pada direktori utama website, kemudian hilangkan segala kode yang berkaitan dengan Disallow. Ini akan membuat mesin telusur dapat kembali melakukan crawling dengan benar.

4. Melakukan Fetch Halaman di Google Search Console

Tahap terakhir adalah melakukan fetch. Kegunaannya adalah untuk memberitahu Google bahwa adanya perubahan pada situsnya. Silakan tes satu halaman saja dan kemudian lihat hasilnya.

Apabila pengguna tidak tahu bagaimana cara melakukan fetch, silakan masuk ke Google Search Console, kemudian tekan menu Crawl pada bagian kiri. Lanjutkan memilih menu Fetch as Google.

Akan tampil kolom untuk mengisikan URL, isikan dengan halaman websitenya dan kemudian tekan tombol fetch. Tunggu sekejap dan tekan lagi tombol Request Index. Lalu ikuti prosedur sesuai yang tampil pada dialog disana.

Mungkin sedikit cara terakhir ini sedikit membingungkan, namun sebagai saran silakan langsung praktekan, itu akan mempermudah memahaminya.

Baca juga: Cara Melaporkan Situs Web Phising ke Google

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah deskripsi yang tidak muncul sesuai isi konten artikel pada pencarian Google. Sehabis melakukan cara terakhir, hasilnya dijamin berhasil dan deskripsi akan tampil sesuai yang telah diatur.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment