≡ Menu

Cara Membersihkan DNS Cache pada Semua Perangkat

Cara Membersihkan DNS Cache pada Semua Perangkat

Menggunakan DNS (Domain Name System) pada jaringan di perangkat lebih sering dianggap dapat mempercepat koneksi atau menyetabilkannya. Kinerjanya adalah cache dari DNS yang dipakai telah menyimpan alamat IP dari server web yang baru-baru ini kamu kunjungi.

Jadi ketika lokasi server web telah berubah, dan cache DNS masih belum dihapus atau dibersihkan, memungkinkan kamu tak akan dapat mengakses situsnya. Atau contohnya apabila kamu adalah web developer dan baru saja beralih server pada situs dan mengalokasikan domain ke server yang baru. Bisa jadi ketika mengakses domainnya, seolah masih mengarah ke server lama.

Adapun kendala lainnya yang mengakibatkan tak dapat mengakses banyak halaman pada sebuah situs akibat cache yang tersimpan pada DNS. Dan satu-satunya solusinya adalah membersihkannya.

Baca juga: Tips Supaya Koneksi Tidak Sering Disconnect

Bagaimana Cara Membersihkan Cache DNS?

Metode berikut ini memungkinkan penggunas untuk menghapus cache DNS yang lama atau bisa juga dikatakan sebagai memperbaruinya. Silakan lakukan sesuai perangkat yang kamu gunakan saat ini.

Windows 2000/XP/Vista/7/8/10

Pada seluruh komputer OS Windows memiliki cara yang sama untuk membersihkan DNS. Yakni membuka Command Prompt (CMD) sebagai Run as Administrator dan kemudian mengetikan kode perintah dibawah ini.

ipconfig /flushdns

Sehingga apabila berhasil, akan muncul tulisan seperti ini.

Windows IP configuration successfully flushed the DNS Resolver Cache.

Mac OS X

Perintah untuk membersihkan DNS di OS X berbeda-beda tergantung dari versi yang kamu gunakan sekarang. Tapi yang pasti silakan buka Terminal dan setelah itu tuliskan kode perintah dibawah ini.

OS X 12 (Sierra) Keatas

sudo killall -HUP mDNSResponder;sudo killall mDNSResponderHelper;sudo dscacheutil -flushcache

OS X 11 (El Capitan), 10.8 (Mountain Lion), dan OS X 10.7 (Lion)

sudo killall -HUP mDNSResponder

OS X 10.10 (Yosemite)

sudo dscacheutil -flushcache;sudo killall -HUP mDNSResponder

OS X 10.9 (Mavericks)

dscacheutil -flushcache; sudo killall -HUP mDNSResponder

OS X 10.5 (Leopard) and 10.6 (Snow Leopard)

dscacheutil -flushcache

OS X 10.4 (Tiger)

lookupd -flushcache

Linux

Kebanyakan distribusi Linux tidak menggunakan cache DNS resolver dengan cara yang sama seperti Windows atau Mac OS X. Namun program cache DNS yang sering digunakan adalah NSCD (Name Service Caching Daemon).

Kemungkinan besar program tersebut tidak dipasang pada setelan pabrik sehingga tidak perlu untuk membersihkan cache lagi. Tetapi jika kamu telah memasang program tersebut, berikut ini cara untuk membersihkannya.

Hal yang harus dilakukan adalah membuka Terminal dan mengetikan kode perintah dibawah ini.

sudo service nscd restart

Android dan iOS

Sejauh ini cara termudah untuk membersihkan cache DNS pada kedua perangkat ponsel ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara dan kemudian mematikannya. Dibanding melakukan reboot, cara ini jauh lebih cepat dan praktis.

Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat dengan menuju bagian Panel Pemberitahuan pada ponsel. Biasanya disana terdapat ikon berbentuk pesawat. Jika menurut kamu ini cara yang sulit, silakan cukup untuk me-restart/reboot ponselnya.

Kesimpulan

Apabila kamu tidak dapat membuka suatu situs padahal koneksi tidak memblokir dan normal, dahulukan untuk membersihkan DNS pada perangkatnya, karena siapa tahu hal inilah yang menyebabkannya. Selain itu kamu pun juga harus membersihkan cache yang ada pada peramban kamu.

Baca juga: Cara Menggunakan Softether VPN di PC dengan Mudah

Setiap peramban/browser pada PC memiliki cara yang sama untuk membersihkannya. Yaitu cukup menekan tombol CTRL+SHIFT+DELETE dan centang pada opsi cache.

Jika pada perangkat ponsel, untuk membersihkan cache di browser, dapat dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan. Biasanya pada menu Privasi, dan disana terdapat opsi untuk menghapus cache.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment