≡ Menu

Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

Efek getaran yang terjadi pada papan ketik di ponsel Android bersifat untuk membantu pengguna untuk memberitahukan bahwa ketukannya bekerja dengan baik. Ini sama halnya seperti adanya suara yang keluar ketika pengguna mengetikan sesuatu. Dan hal tersebut dapat dinonaktifkan.

Pengguna mungkin juga pernah mengetahui tulisan mengenai “Haptic Feedback” dan kegunaannya sama halnya seperti pada keyboard Android ini. Secara default biasanya fitur getaran akan aktif. Bahkan bukan hanya pada keyboard saja, tapi pada seluruh layar.

Sementara orang yang sudah sering merasakan getar tersebut disaat mengetik biasanya akan risih dan ingin sekali menonaktifkannya. Tapi celakanya mereka tak tahu bagaimana cara melakukannya. Dan untuk itulah artikel ini dibuat.

Baca juga: Tips Mengatasi Android Tak Bisa Masuk Recovery Mode

Jenis Keyboard Android Berbeda-Beda

Sebelum Saya membahas lebih jauh lagi, hanya ingin mengatakan bahwa jenis keyboard yang ada di ponsel Android biasanya berbeda-beda. Apalagi jika pengguna saat ini memakai papan ketik pihak ketiga seperti Touchpal, GO Keyboard, dan lain-lain. Pasti akan tidak menemukan kecocokan dalam artikel ini.

Jadi disini Saya hanya akan membagikan tata caranya khusus pada papan ketik Android standar yang biasa bernama Android Keyboard (AOSP). Sebab menu yang ada di papan ketik pihak ketiga sangat berbeda dengan yang asli.

Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Android Keyboard (AOSP)

Bedanya dari papan ketik standar atau biasa dikatakan “bawaan ponsel” adalah bagian pengaturannya. Jika pengguna memakai papan ketik yang diunduh di Play Store, tentu ketika masuk ke pengaturan, akan ditujukan ke aplikasi. Sedangkan jika pada papan ketik standar akan tetap ditujukan ke pengaturan sistem ponsel. Berikut ini cara mematikan efek getar pada keyboard.

  1. Silakan menuju Pengaturan, lalu gulir kebawah dan ketuk pada menu bernama Bahasa dan Masukan.

    Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

  2. Pilih tombol opsi disamping kanan tulisan Android Keyboard (AOSP).

    Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

  3. Gulir kebawah dan jangan centang untuk opsi bertuliskan Getar jika tombol ditekan atau Vibrate on keypress.

    Cara Menonaktifkan Efek Getar pada Keyboard Android

Setelah melakukan cara diatas, silakan langsung masuk ke perpesanan dan mulai mengetik sesuatu pada keyboard. Pasti tidak akan bergetar lagi. Dan apabila pengguna ingin mengaktifkan getar lagi, cukup mencentang pada opsi yang tadi.

Baca juga: Cara Mengetahui Seberapa Sering Kamu Mengecek Ponsel

Kesimpulan

Pada bagian pengaturan keyboard disana, pengguna juga bisa mengatur hal lainnya selain hanya getaran saja. Seperti kapitalisasi otomatis, suara ketikkan, dan lain sebagainya. Mungkin di sebagian ponsel menunya berbeda-beda. Tapi Saya menjamin bahwa opsi untuk menuju pengaturan masih sama.

Sedangkan untuk jenis keyboard lain. Silakan lakukan cara diatas sampai langkah kedua. Dan disaat menuju pengaturan yang mengarah ke aplikasi keyboard, silakan gulir dan cari opsi bertuliskan Sound & Vibrate. Biasanya pengaturan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan getaran, ada dibagian sana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment