≡ Menu

Tutorial Mengubah Bahasa pada Situs WordPress

Tutorial Mengubah Bahasa pada Situs WordPress

Dengan mengubah setelan bahasa menjadi sesuai keinginan kita pada situs web yang dimiliki, maka mengalihkan konten dan sebagainya akan jauh dimengerti dengan baik tanpa ada hambatan lagi tentang arti dari segala menunya.

WordPress adalah mesin blogging terbaik yang pernah ada dan CMS tersebut sebenarnya sudah mendukung seluruh bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Hanya saja pada setelan standar ketika menginstall akan diberikan versi bahasa Inggris sehingga harus diubah secara manual.

Mengubah bahasa ini akan berpengaruh pada template yang dipakai juga lho, tapi tak semua template dan hanya sebagian yang telah mendukung bahasa yang dipilih pada setelan. Termasuk semua plugin juga akan berubah bahasanya ketika pengguna mengganti bahasa utama pada pengaturan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Website

Mengubah Bahasa pada Situs WordPress

Ketahuilah bahwa mengubah bahasa ini sama halnya seperti mengganti komponen pelokalan pada setiap hal. Tapi pengguna tak perlu khawatir karena hal ini tak berpengaruh pada sisi konten, dan mungkin jika templatenya mendukung Bahasa Indonesia, setiap menunya juga akan berganti.

  1. Silakan masuk ke dasbor dan menuju Settings => General.

    Mengubah Bahasa di WordPress

  2. Gulir kebawah dan temukan pada bagian Site Language. Cukup ubah menjadi Bahasa Indonesia dan tekan tombol Save Changes dibawah untuk menyimpannya.

    Mengubah Bahasa di WordPress

  3. Tunggu sampai halaman berhasil dimuat dan bahasa pada dasbor akan terganti secara otomatis. Dan itu tandanya sudah berhasil.

Untuk memaksimalkan bahasanya, silakan perbarui ulang versi WordPress pada halaman pembaruan. Disana pasti terdapat notif yang menyuruh pengguna untuk memperbarui versi WordPress khusus untuk Bahasa Indonesia dan ini sebenarnya opsional, atau dengan kata lain boleh diabaikan.

Apa Saja yang Berubah Setelan Mengganti Bahasa?

Walau ini sebenarnya tak diperlukan untuk dibahas karena pengguna pasti sudah tahu bahwa yang berubah adalah bahasa, namun di lain sisi hal ini juga berpengaruh ke dalam kode HTML yang ada pada situs.

Yang sebelumnya HTML Tags memakai attribut language sebagai EN (Inggris) akan berubah menjadi ID (Indonesia). Begitupula beberapa plugin SEO seperti Yoast SEO akan merubah meta tags open graph facebook menjadi Indonesia.

Baca juga: Edit File di WordPress Lebih Mudah dengan Plugin File Manager

Kesimpulan

Jika melihat dari sisi terbaiknya tentu ada banyak lho. Tapi pengguna harus memastikan bahwa situs yang pengguna pakai bahasa utamanya harus Indonesia. Contohnya artikel yang ada di situs semuanya adalah Bahasa Indonesia tapi pada setelan WordPress memakai Bahasa Inggris, tentu itu tindakan yang salah.

Dengan mengganti ke bahasa utama sesuai konten situs, ini juga bisa meningkatkan performa SEO lho. Dan juga peramban yang dipakai pengunjung dapat mendeteksi langsung bahasa yang dipakai pada situs web tersebut untuk memudahkan mereka yang barangkali ingin menerjemahkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment