≡ Menu

3 Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik untuk Android

3 Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik untuk Android

Bukankah menyedihkan apabila kita tidak tahu apabila kuota yang dimiliki tiba-tiba habis begitu saja akibat tidak terkontrol. Bagaimanapun juga kuota yang ada pada kartu seluler adalah uang, dan jika tak ingin menghabiskan banyak uang untuk kuota, maka dari itu setiap orang harus mulai untuk menghematnya.

Menghemat kuota sebenarnya tidak sulit apabila pikiran selalu tertuju pada kuota yang dimiliki, tapi yang membuatnya sukar adalah faktor lupa yang ada di pikiran. Karena manusia bisa lupa kapan saja apalagi dalam ketagihan saat menggunakan internet.

Namun sekarang pengguna tak perlu cemas terhadap faktor lupa tersebut, karena terdapat beberapa aplikasi yang akan dibagikan disini yang mana akan membantu pengguna untuk mengontrol kuota supaya tidak terbuang sia-sia.

Baca juga: Buka Facebook Lebih Cepat Dengan Versi Lite Di Android

Datally

Ini adalah aplikasi besutan Google yang akan membantu pengguna untuk melihat aplikasi mana saja yang memakan banyak kuota ketika dibuka selama ini. Dan juga dapat membatasi berapa maksimum kuota yang dikeluarkan pada aplikasi tersebut.

Cara kerja aplikasi ini sangat pintar dan memiliki fitur yang cukup banyak. Berikut ini sekilas dari fitur yang ada pada aplikasi Datally.

Gambaran dari aplikasi Datally

  • Data Saver – Berfungsi untuk menghemat kuota dengan mengontrol aplikasi yang dikira terlalu mengeluarkan banyak data.
  • Data Usage Metrics – Menampilkan informasi penuh mengenai riwayat pengeluaran data sehari-hari.
  • WiFi Finder – Mencari jaringan WiFi yang dekat pada lokasi saat ini sehingga pengguna dapat menyambung ke jaringan tersebut.

Masih ada fitur lainnya yang belum Saya sebutkan, dan pengguna dapat mengetahuinya setelah memasang aplikasi Datally pada Play Store.

My Data Manager

Hampir sama seperti dengan Datally namun tentunya setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan My Data Manager termasuk dalam aplikasi penghemat data yang memiliki rating tertinggi pada Play Store untuk saat ini.

Aplikasi ini sangat peduli sekali dengan kuota dan pulsa yang pengguna miliki. Jika tidak percaya, berikut ini fitur yang ada pada My Data Manager.

Gambaran dari aplikasi My Data Manager

  • Data Tracker – Mengawasi setiap pengeluaran data baik dari jaringan seluler, WiFi, atau roaming.
  • Call & Text Tracking – Mengawasi seberapa sering ponsel melakukan panggilan dan mengirim pesan SMS.
  • App Tracker – Mengetahui aplikai mana yang berpotensi memakan banyak kuota internet.
  • Alarms – Mengatur jadwal khusus untuk mengisi pulsa atau kuota.

My Data Manager sebenarnya juga memiliki fitur Plan Matcher yang akan menginformasikan jenis paket internet mana yang cocok untuk dipakai saat ini. Hanya saja fitur tersebut hanya tersedia di Amerika saja dan belum tersedia untuk negara lainnya.

Ingin mencobanya, silakan pasang langsung My Data Manager pada Play Store.

Protect Free VPN + Data Manager

Aplikasi yang memiliki ikon dengan huruf P ini memiliki fitur penghemat kuota yang sangat powerfull. Bahkan saking pedulinya, aplikasi tersebut sampai mendapat konflik bahwa beberapa pengguna tak dapat lagi mengakses internet di suatu aplikasi karena mencapai batas yang diharuskan.

Walaupun begitu, segala fiturnya masih berjalan dengan seharusnya dan mungkin akan membuat marah juga apabila tiba-tiba internet seperti mati total. Namun itu sudah menjadi kewajiban aplikasi ini untuk menghemat data. Berikut sekilas keunggulannya.

Gambaran dari aplikasi Protect Free VPN + Data Manager

  • Get Alert – Mendapatkan pemberitahuan jika terdapat aplikasi yang menguras data terlalu banyak atau melebihi penggunaan sesuai yang telah diatur.
  • Task Killer – Menghentikan proses background dari suatu aplikasi sehingga tidak ada pengeluaran data yang dikhawatirkan semacam iklan atau lainnya.
  • Limit Apps to WiFi Only – Membuat suatu aplikasi yang dipilih hanya berjalan pada jaringan WiFi saja. Ini berguna untuk aplikasi seperti video streaming yang jelas-jelas boros kuota.
  • Free VPN – Dapatkan jaringan VPN secara gratis untuk melindungi privasi internet dari pencurian data.

Banyak review yang ada pada halaman Play Store untuk aplikasi ini menyatakan bahwa ini termasuk aplikasi yang sangat peduli pada kuota. Dan sisanya yang tidak dapat menghemat kuota akan menyalahkan aplikasi ini karena menghentikan internetnya setiap kali ada pemberitahuan. Tapi bukankah memang itu yang dibutuhkan?

Untuk mencobanya, silakan pasang sekarang juga aplikasi Protect Free VPN+Data Manager pada Play Store.

Baca juga: Cara Hemat Menggunakan Instagram di Android

Kesimpulan dari Aplikasi Penghemat Kuota

Dari ketiga aplikasi yang dibagikan pada artikel ini adalah gratis. Dan didalamnya pasti terdapat iklan tapi tenang saja karena iklannya tidak menganggu sama sekali. Cukup pilih mana yang terbaik menurut pengguna karena ketiga diatas Saya rasa paling terbaik dari puluhan aplikasi serupa lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment