≡ Menu

Beberapa Cara Melacak Posisi HP Android

Cara Melacak Posisi HP Android

Benarkah bahwa setiap ponsel itu bisa dilacak? Jika itu benar pastilah privasi yang dimiliki setiap pemilik ponsel tidak sepenuhnya terjaga. Namun sebenarnya setiap ponsel Android atau apapun itu tidak bisa dilacak kecuali jika perangkat yang dimiliki sedang diretas oleh orang lain.

Ada banyak alasan mengapa pengguna ingin melacak ponsel yang dipakai. Bisa jadi karena hilang atau lupa dimana terakhir kali meletakan ponselnya. Seperti halnya ketinggalan di sekolah, jika pikiran tidak bisa ingat secara tepat, justru itu hanya akan membuat terus berfikir dan cemas.

Tapi jika pengguna sudah tahu keberadaan ponsel yang dicari, tentu perasaan cemas itu sedikit hilang dan lekas bisa mencari ponsel itu. Dan pertanyaannya adalah “Bagaimana cara melacak ponsel Android?” Tenang saja karena disini akan dibahas untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Cara Menjadikan Lokasi Lebih Akurat Di Android

Bisakah Melacak Ponsel Android?

Secara umum hal ini masih membutuhkan bantuan pihak ketiga, atau bisa dikatakan aplikasi tambahan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun yang akan datang bisa memakai fitur melacak ponsel tanpa perlu bantuan pihak ketiga.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk melacak ponsel, salah satunya adalah aplikasi antivirus semacam ESET. Yang perlu dilakukan sejak pertama kali penggunam memegang ponsel adalah mengaktifkan fitur GPS.

Lacak Ponsel dengan Bantuan Akun Google

Walau fitur untuk melacak ponsel tidak terdapat langsung pada sistem, akan tetapi Google pun sudah menyiapkan aplikasi khusus yang dipakai untuk melacak ponsel Android lho. Aplikasi tersebut bernama Find My Device.

Menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah sekali, dan telah dijabarkan tata caranya di halaman Bantuan Akun Google. Cukup ikuti langkah mengaktifkannya dan coba terlebih dahulu.

Yang terpenting adalah mengaktifkan GPS dan mengijinkan akurasi tinggi untuk aplikasi Find My Device.

Melacak Lokasi Banyak Ponsel dengan GPS Phone Tracker

Satu lagi aplikasi yang sangat cocok dipakai untuk banyak perangkat. Ini sangat cocok dipakai untuk orang yang sekiranya menjelajahi sesuatu secara tidak bersamaan, jadi jika terdapat salah satu yang tersesat pun masih dapat dilacak dengan aplikasi ini.

Dan aplikasi ini cocok juga dipakai untuk mencari lokasi ponsel yang hilang. Tata cara penggunaan sangatlah mudah dan pengguna akan langsung dipandu ketika baru pertama kali memasang aplikasinya. Download langsung GPS Phone Tracker pada Play Store.

Lacak Nomor Telepon Ponsel, Apakah Bisa?

Pertanyaan ini yang paling banyak ditemui di mesin pencari. Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa sebuah kartu SIM yang dipakai di ponsel memang bisa dilacak. Tapi proses untuk melacak nomor telepon tersebut juga harus mendapatkan persetujuan dari banyak pihak.

Ketika pengguna menanyakan ke sebuah operator provider kartu seluler, mereka pasti akan menjawab tidak akan bisa melacak nomor telepon disebabkan ketentuan privasi. Contohnya melaporkan nomor penipuan atau lain-lain.

Nah jika sekiranya ini termasuk masalah serius, salah satu yang dapat pengguna lakukan untuk melacak nomor telepon tersebut adalah melalui pihak kepolisian, dengan menyertakan bukti kejahatan tentang nomor telepon tersebut dan mereka pasti akan menyalurkan ke provider kartu seluler yang terkait.

Baca juga: Trik Mengetahui Password WiFi di Berbagai Lokasi

Kesimpulan

Dapat dilihat bahwa melacak perangkat Android akan lebih mudah jika memakai GPS dan tidak menggunakan nomor telepon. Tapi satu hal yang orang kadang lupa adalah mengaktifkan GPS, dengan begitu aplikasi yang dipakai untuk melacak tidak akan berfungsi dengan baik dan hanya akan menampilkan lokasi terakhir kali ponsel itu berada.

Selain itu mengaktifkan GPS juga bisa mengkonsumsi baterai cukup banyak. Maka dari itu Saya sarankan menggunakan fitur pelacak ponsel hanya ketika pengguna sedang berpergian saja. Atau dengan maksud tidak perlu mengaktifkannya apabila ponsel hanya dipakai dirumah saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment