Apa Itu Fitur “Mulai Aman” dan Cara Menggunakannya

Di sebagian ponsel, terdapat fitur keamanan bernama Mulai Aman. Pada dasarnya itu merupakan fitur yang memiliki fungsional sama dengan enkripsi ponsel. Dengan mengaktifkannya, pengguna akan diminta untuk menuliskan PIN ketika ponsel dihidupkan, guna untuk melindungi privasi dengan ketat.

Sebagai contohnya kamu mematikan ponsel (power-off) dan kemudian menghidupkannya ulang. Maka kamu akan diminta untuk menuliskan PIN yang sebelumnya telah disetel. Tanpa menuliskan PIN tersebut, kamu takkan bisa masuk beranda atau homescreen ponsel.

Ini sama halnya dengan mengenkripsi ponsel dengan PIN atau Password, karena hanya pemilik ponsel atau yang tahu dengan PIN/Password tersebut yang akan bisa memasuki ponsel. Sehingga orang lain yang sekiranya memegang ponsel kamu takkan bisa mengakses data apapun di ponsel.

Mengaktifkan Mulai Aman di Android

Fitur Mulai Aman biasa ditemukan pada kebanyakan ponsel Samsung. Dan disini akan saya bagikan tata cara untuk mengaktifkannya. Yang terpenting adalah, jangan sampai lupa terhadap PIN yang kamu setel atau yang sedan digunakan saat ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Menuju menu Keamanan.

    Menuju Keamanan

  3. Gulir kebawah dan ketuk menu Mulai Aman.

    Ketuk Mulai Aman

  4. Kemudian pilih opsi Perlu PIN saat perangkat dihidupkan.

    Mengaktifkan Fitur Mulai Aman di Android

  5. Dan ketuk tombol Terapkan.
  6. Jika diminta menuliskan PIN saat ini, silakan tuliskan untuk mengkonfirmasi.
  7. Selesai, kini fitur Mulai Aman telah berhasil dihidupkan.

Di atas tadi, saya telah memperingatkan untuk “jangan sampai lupa” terhadap PIN yang kamu gunakan saat ini. Karena sesuai peraturan yang tertulis di ponsel, jika pemilik ponsel lupa terhadap PIN-nya, segala data internal yang tersimpan takkan bisa dipulihkan dengan cara apa pun.

Mengapa bisa demikian? Karena perangkat telah terenkripsi termasuk data yang ada di dalamnya. Dan untuk mengakses data tersebut, dibutuhkan PIN saat pertama kali menghidupkan ponselnya.

Tapi untuk menghilangkan PIN tersebut beserta data di dalamnya, pengguna dapat melakukan flashing penuh terhadap ponselnya. Dan pastinya segalanya akan di-reset kembali, dan data sebelumnya akan dihilangkan total.

Kelebihan dan Kekurangan dari Fitur Mulai Aman

Kelebihan dari fitur ini adalah melindungi dengan ketat data yang ada di dalam ponsel, sehingga hanya pemilik ponsel saja yang bisa mengaksesnya. Contohnya dalam kasus tertentu, ponsel kamu hilang dan ditemukan orang lain, maka orang tersebut takkan bisa mengakses data di ponsel kamu dengan cara apapun karena tak mengeathui PIN yang telah disetel.

Dan kekurangan dari fitur ini pun juga ada, yakni tidak ada fitur lupa PIN. Jadi sekali lupa, maka data internal didalam ponsel akan hilang selamanya. Selain itu, ponsel tidak akan bisa dibuka kuncinya dari jarak jauh menggunakan fitur “Temukan Ponsel Saya”, namun masih bisa dilacak selama kondisi ponsel aktif beserta data seluler.

Baca juga: 2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android

Kesimpulan

Secara keseluruhan, fitur ini cocok sekali dipakai bagi orang yang ingin melindungi seluruh data di ponselnya supaya tidak sampai diambil orang lain dengan cara apapun. Bahkan ketika orang lain menemukan ponsel kamu dalam keadaan aktif, maka nantinya ketika perangkat direstart akan diminta menuliskan PIN untuk masuk ke homescreen.

Walau di ponsel sudah terdapat fitur untuk mengunci ponsel dengan PIN, Password, Sidik Jari, dan lain-lain. Namun fitur Mulai Aman ini lebih seperti Autentikasi Dua Faktor, hanya saja kodenya diambil dari pemilik ponsel itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.