≡ Menu

Cara Mengaktifkan Balasan Pesan Otomatis di Facebook Fanspage

Cara Mengaktifkan Balasan Pesan Otomatis di Facebook Fanspage

Orang yang membuat halaman fanspage di Facebook pasti memiliki maksud supaya bisa berinteraksi dengan pelanggan. Dan semakin banyak orang yang mengirimkan pesan ke fanspage tersebut, semakin tinggi pula reputasi yang didapat apabila setiap pesan bisa dibalas dengan baik.

Tentang balas-membalas pesan, hal tersebut tidak bisa dikatakan mudah apabila hanya dilakukan oleh satu operator saja. Apalagi jika terdapat banyak pesan dalam satu waktu, tentu hal tersebut sangat tidak memungkinkan untuk membalas pesan lainnya supaya mereka bisa menunggu.

Tapi ada satu cara yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan pesan otomatis pada setiap orang yang mengirim pesan ke fanspage, sehingga mereka bisa menunggu sampai mendapat balasan dari operator.

Baca juga: Cara Mudah Mengunci Kronologi di Facebook

Fitur Pesan Otomatis di Facebook Fanspage

Entah sejak kapan Facebook memberikan fitur ini, hingga sekarang sudah ada 3 jenis pesan otomatis yang bisa dipakai. Dan hal bagusnya adalah pesan otomatis tersebut bisa dialihkan sesuai keinginan. Misalnya mengubah kata-kata yang diberikan kepada orang yang mengirimi pesan.

Yang terpenting dengan memakai fitur ini, sang operator tidak boleh memberi harapan palsu atau misalnya meski sudah memakai balasan otoamtis tapi pesan tidak dibalas-balas dalam sehari. Tentunya itu sangat tidak profesional.

Jadikan fitur ini sebagai penangkal dari pelanggan yang marah akibat pesannya masih belum terbalas, sebab biasanya orang akan senang menerima balasan bahwa pesannya akan segera dibalas oleh sang operator sehingga permasalahannya cepat usai.

Cara Mengaktifkan Fitur Balasan Otoamtis di Facebook Fanspage

Sebelum membahas lebih lanjut, Saya ingin mengatakan bahwa fitur ini tidak memakai API atau sesuatu yang mungkin tidak dimengerti. Namun sudah asli dari fitur Facebook sehingga sangat aman untuk digunakan serta tersedia untuk segala jenis Fanspage.

  1. Masuk ke Beanda halaman Fanspage pengguna dan klik menu Pengaturan yang ada di sebelah kanan atas.

    Cara Mengaktifkan Fitur Balasan Otomatis di Facebook Fanspage

  2. Dibagian kiri, pilih menu bertuliskan Pengiriman Pesan.

    Cara Mengaktifkan Fitur Balasan Otomatis di Facebook Fanspage

  3. Skroll kebawah dan temukan bagian Asisten Pemberi Tanggapan. Disana terdapat 3 opsi untuk menggunakan fitur balasan otoamtis. Antara lain adalah:

    • Kirim Balasan Instan – Setiap kali ada orang yang memulai konversasi ke Fanspage, maka mereka akan diberikan pesan otomatis beberapa detik kemudian memberitahukan bahwa pesannya akan diupayakan segera dibalas.
    • Tidak di Tempat – Misalnya perpesanan pada Fanspage diatur sebagai “tidak di tempat” maka setiap pesan yang dikirim oleh orang lain pada saat itu akan diberikan balasan bahwa pengguna sedang tidak ada ditempat sehingga tidak bisa membalas dengan cepat.
    • Salam Messenger – Fitur ini akan tampil setiap kali ada orang yang akan mengirimkan pesan, jadi disaat mereka membuka kolom obrolan maka seketika akan mendapat pesan salam tersebut yang menanyakan seperti “Apakah ada yang dapat kami bantu?“.

    Ketiga opsi tersebut bisa diaktifkan salah satu atau semuanya dan perkataannya pun dapat diubah sesuka hati.

    Cara Mengaktifkan Fitur Balasan Otomatis di Facebook Fanspage

  4. Ketika fitur balasan otomatis sudah diatur, pengguna bisa mencobanya memakai akun Facebook lain. Misalnya akun Facebook milik teman hanya untuk mencoba-cobanya saja apakah sudah berfungsi.

Pada bagian Asistem Pemberi Tanggapan juga terdapat opsi bernama Lama Tanggapan yang mana fitur ini akan menampilkan semacam widget kecil untuk memberitahukan seberapa lama pengguna membalas setiap pesan. Cukup isikan dengan sejujurnya supaya tidak mendapat kesan buruk oleh pelanggan.

Baca juga: Cara Mencegah Video Diputar Otomatis pada Facebook Lite

Kesimpulan

Setiap pelanggan tidak ingin dibohongi dengan adanya pesan yang ia dapat bahwa operator akan membalas segera mungkin. Apalagi pengguna sudah mengatur widget bahwa setiap pesan akan dibalas dengan cepat, tentu itu bukan hal yang bagus.

Yang mereka inginkan adalah balasan nyata. Jadi sebanyakan apapun pesan yang didapat pastikan membalas semuanya dan tidak memilih-milih. Karena setiap orang dapat memberikan review, dan ketika review yang didapat kebanyakan negatif, maka reputasi akan hancur dan pelanggan bisa hilang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment