≡ Menu

Mengecek Uptime Server Website Secara Berkala (GRATIS)

Ingin membuat website tapi masih kurang yakin terhadap uptime server yang dipakai nantinya? Tenang saja karena disini akan Saya bagikan solusi untuk pengguna supaya dapat mengecek bagus tidaknya server supaya website kelak tidak sering down meski memakai server biasa.

Walau membeli shared hosting, itu tidak sepenuhnya buruk lho. Bahkan itu adalah cara yang bagus bagi website yang masih baru sehingga jika sudah memiliki banyak pengunjung, disaat itulah pengguna harus meng-upgrade supaya server tidak terbebani akibat pengunjung yang terlalu banyak.

Sementara memang ada shared hosting yang sangat jelek kualitasnya. Seminggu selalu down beberapa kali, dan itu adalah hal yang tidak diinginkan semua orang termasuk pengunjung. Tak hanya mendapati pemberitahuan dari google saja, tapi pengunjung pun juga bisa hilang akibat situs yang sering down.

Mengecek Situs Website Down atau UP

Hal ini sudah pernah dibagikan pada suatu artikel di Blog Second yang mana terdapat puluhan situs untuk mengecek uptime website saat ini. Jadi dengan bantuan situs sebanyak itu, pengguna bisa mengetahui website yang dituliskan apakah benar-benar down atau hanya down pada IP pengguna saja.

Baca juga: Hal yang Patut Dilakukan Setelah Website DOWN

Sementara yang dibagikan pada artikel ini sedikit berbeda, sebab akan mengecek terus-menerus selama 5 menit sekali dan tidak ada hentinya. Ini tentu tidak akan memberatkan server sebab sistem hanya akan melakukan semacam PING ke server untuk mengetahui down tidaknya sebuah website.

(GRATIS) Cara Mengecek Uptime Server Website Secara Berkala

Mengetahui Uptime Website dengan Bantuan UptimeRobot

UptimeRobot adalah website yang memberikan akses gratis untuk me-monitor status website. Hal ini sangat cocok sekali bagi pengguna yang masih ragu terhadap server yang dipakai pada websitenya sehingga jika merasa kurang tepat alias down terlalu sering, maka pengguna bisa mencabut masa kontrak dan meminta uang kembali.

Website ini memiliki cara yang pintar dalam menampilkan statistik uptime website. Seperti menampilkan waktu pemanggilan ke server sampai kode status HTTP. Untuk saat ini UptimeRobot memberikan akses gratis untuk menjalankan 50 situs atau server dalam 5 menit sekali.

Kelebihan dari UptimeRobot

Sebagai anggota gratis, terdapat kelebihan yang bisa dimanfaatkan pada UptimeRobot. Intinya bahwa situs ini dipakai untuk mengetahui status website secara berkala dan tidak dipakai untuk hal yang dilarang. Berikut ini beberapa kelebihannya.

(GRATIS) Cara Mengecek Uptime Server Website Secara Berkala

  1. Menjalankan 50 website atau server sekaligus.
  2. Mengecek server selama 5 menit sekali.
  3. Memiliki fitur Pause & Resume
  4. Mendapat pesan email apabila terdapat server yang down.
  5. Dapat dipakai widget pada WordPress.

Fitur diatas masih bisa ditambah juga lho dengan syarat pengguna harus meng-upgrade keanggotaan dan membayar kurang lebihnya tidak sampai $10. Pada fitur premium akan diberikan waktu eksekusi selama 1 menit sekali, dan pengguna bisa mendapati pesan SMS apabila server down.

Memasang Widget UptimeRobot di WordPress

UptimeRobot sebenarnya tidak memiliki plugin khusus untuk WordPress, tapi seseorang telah membuatnya dengan bantuan API Key yang bisa didapatkan pada halaman akun pada UptimeRobot. Dengan bantuan API Key itulah plugin tersebut bisa mendapatkan segala informasi mengenai statistik situs yang didaftarkan.

(GRATIS) Cara Mengecek Uptime Server Website Secara Berkala

Nama pluginnya adalah “Uptime Robot Plugin for WordPress“. Pengguna dapat mengatur gaya letak dan lain sebagainya dan Saya rasa hanya plugin inilah yang paling cocok. Fitur shortcode nantinya dapat dipakai untuk memasang widget pada segala bagian, baik itu post, page, maupun pada template secara langsung.

Baca juga: Penyebab Munculnya 508 Resource Limit is Reached pada Website

Kesimpulan

Satu hal lagi yang perlu diketahui, yakni adalah jenis protokol. Jadi UptimeRobot dapat mengecek banyak jenis protokol atau dengan maksud tak hanya HTTP saja, tapi juga HTTPS, FTP, SMTP, dan segala port yang ada.

Bagaimana, ingin mencoba juga? Langsung saja daftar di Uptime Robot dan dapatkan fitur monitoring gratis untuk situs yang dimiliki. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment