≡ Menu

Cara Mengatasi Gagal Install Xposed Framework di Android

Cara Mengatasi Gagal Install Xposed Framework di Android

Xposed Framework adalah aplikasi pengaya pada Android yang dapat dipakai untuk banyak hal. Terdapat kelebihan tersendiri pada Android ketika telah memasang Xposed. Tapi ternyata masih ada ponsel yang tak bisa dipasangi aplikasi ini sehingga proses instalasi seolah tidak membuat aplikasi ini benar-benar terpasang ke sistem.

Yang perlu diketahui pertama kali sebelum memasang Xposed Framework adalah Android sudah benar-benar di root.

Tanpa ponsel rooted, maka xposed secara tehnik tak akan dapat menulis segala hal pada sistem yang mengakibatkan gagalnya proses instalasi. Saat ini memasang Xposed adalah tindakan yang seolah harus dilakukan pada semua android rooted, disebabkan banyakya modul yang membuat aplikasi ini semakin bagus.

Contoh sederhananya adalah dapat mengubah tampilan ICS/jely bean/kitkat menjadi lolipop. Selain itu masih banyak ratusan modul yang bisa dinikmati secara gratis.

Ada beberapa motif yang bisa terjadi sesaat gagalnya memasang Xposed Framework. Di artikel ini akan Saya bagikan tata cara mengatasi hal tersebut dan sebelum itu pastikan pengguna tahu bahwa cara dibawah ini tidak selalu berhasil dan tergantung dari tipe ponselnya juga.

Kebanyakan gagalnya memasang Xposed dikarenakan ROM yang dipakai, tapi sebaiknya menerapkan cara berikut ini sebelum pengguna memutuskan mengganti ROM yang baru.

Mengecek Versi Android

Banyak kasus yang terjadi ketika gagal memasang Xposed ke sistem adalah karena pengguna salah mengunduh Xposed yang cocok untuk versi Android pada ponsel itu. Berkas yang terdapat pada situs Xposed dikhususkan untuk Android 4.0 sampai 4.4 saja, sedangkan untuk Android versi 5.0 keatas harus mengunduhnya melalui forum XDA.

Menggunakan Versi Xposed Framework yang Lama

Setiap pembaruan Xposed pastilah memiliki perbedaan tersendiri dari banyak sisi yang menyebabkan tidak cocoknya untuk beberapa ROM yang dipakai ponselnya. Tapi dengan mencoba versi yang lama, hal tersebut adalah salah satu harapan yang bisa dicoba. Dengan memakai versi lama secara otomatis perhitungan XposedBridge juga akan turun, tapi itu tidak mengapa selama Xposed berhasil dipasang.

Dengan turunnya XposedBridge tersebut, biasanya beberapa modul tak dapat digunakan. Contohnya seperti Xprivacy yang membutuhkan setidaknya XposedBridge 54 keatas, dan sedangkan pada Xposed pengguna hanya tertulis 47 atau 50, maka Xprivacy tak akan dapat digunakan.

Mengubah Mode SELinux ke Permissive

Kebanyakan dialami oleh ponsel Android KitKat yang tak bisa memasang Xposed ke sistem dikarenakan modus SELinux secara default diatur sebagai Enforce dan pengguna harus mengubahnya sebagai Permissive.

Cara ini baik untuk dicoba meskipun ponsel pengguna bukan versi KitKat dan tak akan beresiko apapun. Dan untuk menerapkan cara ini, silahkan unduh aplikasi bernama SELinux Mode Changer di Google.

Memberi Centang “Disable Resource Hook” pada Pengaturan Xposed

Cara ini tergolong ampuh untuk sebagian ROM khususnya Emui yang mana biasanya terdapat konflik ketika memasang Xposed sepenuhnya. Dengan memberi centang pada “Disable Resource Hook” ini mungkin akan membuat beberapa modul tidak bekerja dengan sepenuhnya, akan tetapi setidaknya Xposed masih berhasil di-install. Untuk menerapkan cara ini, berikut tutorialnya.

  • Masuk ke aplikasi Xposed Framework.
  • Pilih menu Setting.
  • Centang pada opsi Disable Resource Hook.

Jangan Memasang Aplikasi Xposed ke SD Card

Maksud dari judul diatas adalah sebaiknya tidak memasang Xposed Framework pada kartu SD dikarenakan hal ini sangat keliru sekali. Xposed setidaknya menjadi aplikasi sistem supaya lebih aman dan lancar ketika saat proses intalasi nantinya. Terkadang hal ini juga dialami oleh beberapa modul yang tak terbaca di Xposed dikarenakan tidak terpasang di internal memory.

Sebagai saran terbaik, cobalah memindahkan Xposed ini sebagai aplikasi sistem. Pengguna bisa menggunakan bantuan aplikasi Titanium Backup atau semacamnya. Tak perlu takut untuk melakukan ini karena sangat aman sekali.

Beberapa hal diatas bisa pengguna jadikan pengalaman atau langsung diterapkan saat ini juga apabila memang benar-benar mengalaminya. Saya sendiri pernah mencoba Xposed pada kebanyakan ponsel dan gagalnya memasangnya ke sistem ini dikarenakan butuh versi Xposed yang lama.

Baca juga: 7 Larangan untuk HP Android yang Sudah di ROOT

Tapi entah mengapa setiap ponsel dibawah lolipop yang gagal memasang versi terbaru dari Xposed ini selalu berhasil ketika memasang versi 2.5.1 dan itu masih menjadi sebuah pertanyaan juga. Berbeda jika pada Android lolipop keatas, pasti Xposed langsung bisa mendeteksi apakah ponselnya cocok atau tidak pada halaman awal. Tapi Saya yakin sekali bahwa gagalnya memasang Xposed ini juga faktor ROM yang dipakai pada ponselnya saat ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment