≡ Menu

Tips Supaya Tidak Kehabisan Ide untuk Membuat Artikel

Tips Supaya Tidak Kehabisan Ide untuk Membuat Artikel

Melakukan aktivitas blogging memang tidak bisa dikatakan mudah untuk sebagian orang. Berbeda jika artikel yang dibuat itu sekedar untuk diri sendiri, namun bagaimana jadinya jika artikel itu disajikan untuk dilihat oleh orang lain. Contohnya seperti artikel ini yang mana ditujukan untuk semua pengunjung disini.

Terkadang orang membutuhkan waktu untuk mendapatkan topik apa yang sesuai dan yang pastinya menarik. Ini nyaris sama melakukan vlogging di Youtube yang mana pasti membutuhkan kata-kata untuk melengkapi topik itu. Tanpa ada kata tambahan, maka konten terasa seperti sedikit dan itu membuatnya seakan buruk di mata mesin pencari.

Kehabisan ide dalam membuat artikel adalah hal yang sangat wajar bagi para blogger, tapi ada juga lho hal yang dapat pengguna lakukan saat itu supaya tetap bisa menulis tanpa memikirkan hal lainnya.

Baca juga: Software Blogging Paling Mantap Untuk PC Windows

Dalam permainan bola pastilah terdapat pemain cadangan, sama halnya seperti blogger juga harus memiliki konten cadangan. Ini adalah prioritas utama supaya tidak lagi kehabisan ide dan bisa berpikir lurus dengan konten cadangan itu.

Jadi bagaimana caranya untuk itu? Disini akan Saya bagikan bagaimana cara mengatasi blogger yang kehabisan ide untuk membuat artikel dan Saya harap ini bermanfaat bagi para blogger Indonesia.

  • Melakukan Blog Walking – Ini adalah rutinitas para blogger Indonesia guna mendapatkan backlink serta silaturahmi. Dibalik itu, pengguna bisa mencari ide lain di website yang pengguna kunjungi saat itu dengan melihat dari judulnya saja.

    Dan apabila pengguna merasa yakin bisa membuat konten seperti itu juga (bukan berarti copas) maka simpan itu untuk dijadikan ide menulis nanti.

  • Mencari Sesuatu di Sosial Media – Kegunaan dari sosial media sudah jelas untuk bersosial dengan orang lain atau yang terdekat. Selain hanya itu, adanya grup juga membantu komunikasi lebih terjaga hanya untuk suatu topik saja. Lalu apa hubungannya dengan blogging?

    Yakni pengguna bisa bergabung ke sebuah grup yang membahas sesuai kategori atau niche blog yang dimiliki sehingga nanti didalamnya pengguna bisa menemukan hal-hal yang dapat dijadikan ide untuk membuat artikel. Contohnya seperti orang yang bertanya sesuatu dan dari situ pengguna bisa membuat artikel untuk menjawab pertanyaan itu.

  • Menggunakan Fitur Adwords Keyword Planner – Fitur ini disediakan oleh Google Adwords yang mana berfungsi untuk mencari keyword yang cocok untuk melakukan perikalanan. Di sisi lain dengan ada keyword planner ini juga bisa dipakai untuk mencari ide artikel juga lho.

    Tak hanya ide artikel yang didapat, tapi pasti akan mendapatkan pengunjung apabila kompetitor hanya sedikit pada keyword tersebut. Ingin mencobanya? Silahkan menuju halaman Keyword Planner.

  • Mempelajari dari Pengalaman – Ini satu-satunya yang paling Saya sukai dari semua diatas, karena dengan adanya pengalaman maka orang yang membaca akan bisa merasa mengerti dan mencerna dengan baik segalanya. Misalnya pengguna baru saja membeli suatu barang dan ingin membagikan tata cara penggunaan barang tersebut.

    Tentu jika tidak dari sebuah pengalaman, hal tersebut akan sangat susah sekali diungkapkan dari sebuah tulisan.

  • Satu Hari Khusus untuk Mencari Ide – Jika pengguna mengetahui bahwa mencari ide menulis artikel adalah hal yang sulit, maka lakukan cara ini. Gunakan satu hari atau setidaknya waktu luang untuk mencari ide yang sangat banyak.

    Ide tersebut tidak dipakai langsung untuk membuat artikel hari itu saja, namun dipakai untuk membuat artikel disaat pengguna kehabisan ide di lain hari. Dengan begini pengguna tak akan kebingungan ketika ide benar-benar kosong karena masih ada topik yang bisa dibahas pada hari itu juga.

Dengan melakukan sedikit cara diatas, Saya bisa yakin pengguna akan mendapatkan ide untuk menulis artikel lagi. Jika Saya sendiri lebih sering menerapkan cara ke 4 dan 5 karena jauh lebih mudah dan cepat dalam membuat artikelnya.

Entah mengapa membuat artikel berdasarkan pengalaman jauh lebih menyenangkan daripada meniru karya orang lain meski memakai kalimat sendiri, itu pun juga akan membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Baca juga: Cara Melaporkan Artikel Copas ke Google (Dijamin Disetujui)

Satu hal yang tidak boleh dilakukan ketika kehabisan ide adalah melakukan copas artikel blog orang. Karena sangat jelas itu adalah hal yang tidak sehat dalam dunia blogging dan akan berakhir mengenaskan nantinya akibat dilaporkan ke Google DMCA dan blognya bisa dihapus dari mesin pencari.

Maka dari itu Saya hanya menyarankan ketika blog walking cukup melihat judulnya guna untuk menambah referensi membuat artikel apabila itu memungkinkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Pubiway September 6, 2017, 11:54 am

    Terima kasih gan sudah posting artikel nya. Cocok banget pas lagi buntu kehabisan ide buat artikel

Leave a Comment