≡ Menu

Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

Mungkin pengguna pernah merasakan hari dimana PC terasa sangat cepat dan tidak akan lambat dengan menunggu 1 menit atau lebih hanya untuk proses startup saja. Proses startup memang menghambat kinerja perangkat supaya lebih cepat karena mereka akan saling bergantian memulai programnya ketika perangkat dihidupkan, walaupun begitu proses startup ini memiliki ukuran yang cukup kecil, jadi tidak akan memberatkan PC apalagi pada RAM yang tersisa.

Tidak hanya satu atau dua saja yang biasanya berjalan ketika perangkat dihidupkan, tapi puluhan program akan berjalan tergantung apa saja yang telah dipasang. Misalnya saja sebuah browser, pasti mereka akan memiliki proses startup berupa layanan untuk melihat pembaruan browser itu. Tapi layanan dan startup juga bisa dianggap berbeda, dan keduanya pun masih memiliki cara yang sama untuk memulainya, yakni ketika perangkat dihidupkan.

Akan Saya bagikan tata cara untuk mematikan proses startup tersebut tanpa perlu memakai bantuan software lain dan sepenuhnya sangat aman untuk digunakan. Sebab jika memakai bantuan program lain, hanya akan bisa mematikan startup yang biasa, dengan maksud tidak mematikan layanan juga sekaligus yang menyebabkan bisa memulai program secara tiba-tiba disuatu waktu. Saat ini Saya hanya akan membagikannya untuk PC Windows 7 saja, berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan hidupkan PC dan silahkan klik tombol START dan ketikkan msconfig, lalu ENTER.

    Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

  2. Sekarang akan muncul sebuah jendela dialog atau popup. Langsung saja menuju tab Service.

    Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

  3. Pada bagian ini, silahkan klik centang pada Hide All Microsoft Service, lalu silahkan pilih program mana yang akan dimatikan dengan cara tidak mencentangnya.

    Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

  4. Masih belum selesai, sekarang klik pada tab Startup. Dan sama seperti tadi, cukup tidak mencentang untuk mematikan program yang dipilih.

    Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

  5. Tahap terakhir, silahkan klik tombol Apply, lalu dilanjutkan dengan klik tombol OK. Maka akan muncul lagi jendela dialog yang mengharuskan pengguna untuk melakukan restart, sebaiknya silahkan restart supaya lebih aman.

    Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7


Dari maksud dan semua tujuan, untuk mematikan proses startup ini hanya dengan bantuan program msconfig, dan meski pengguna mematikan semua proses startup pun akan aman-aman saja selama pengguna telah mencentang pada bagian “Hide All Microsoft Service”, sebab jika tidak dicentang, seluruh proses dari Microsoft akan ditampilkan dan jika proses layanan tersebut dimatikan akan menyebabkan kesalahan yang tidak diinginkan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment