≡ Menu

Cara Mengaktifkan Rotasi Otomatis pada Android

Android memiliki sebuah sensor yang bisa mengetahui letak rotasi saat ini dan pergerakannya. Jika dulunya ponsel Android ini masih tidak bisa mengatur dengan benar rotasinya akibat beberapa faktor yang harus mengatur ulang pada pengaturan dan hal ini sering terjadi pada Android OS Gingerbread. Sedangkan untuk saat ini tidak diperlukan lagi mengatur ulang rotasi yang ada karena sudah diatur dengan benar dan tidak akan sampai mengalami kesalahan. Walau begitu, pengguna juga masih bisa kembali ke model operasi sistem Gingerbread, dimana pengguna bisa mengatur rotasi secara manual, hanya saja perlu aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Sebuah rotasi memang lebih nyaman digunakan jika bisa langsung otomatis. Jadi misalnya setiap kali pengguna memiringkan ponselnya atau bahkan memutar 90 derajat pasti akan langsung terdeteksi dan layar ponsel akan mengikuti rotasi. Banyak orang masih tidak mengetahui tentang cara mengaktifkan rotasi tersebut dan biasanya langsung menggunakan aplikasi untuk melakukannya, bahkan fitur untuk mengatur rotasi secara otomatis ini sudah ada di pengaturan, jadi tidak perlu aplikasi lagi untuk melakukannya.

Untuk beberapa ponsel, menyetel rotasi secara otomatis ini juga bisa langsung dengan mudah melalui panel notifikasi, tapi masih ada banyak ponsel lainnya yang tidak memiliki menu untuk itu dan harus mengatur sendiri pada pengaturan. Dan hal bagusnya adalah kebanyakan ponsel Android memiliki menu yang sama dalam menyetel auto rotation ini, jadi tidak akan kebingungan lagi ketika ponsel pengguna ada banyak, untuk mengaturnya tetap pada step yang sama saja. Berikut ini tata cara mengaktifkan auto rotasi yang ada di Android.


  1. Pertama – tama silahkan buka ponsel Android dan langsung saja menuju Pengaturan.
  2. Lalu silahkan cari dan klik menu bernama Tampilan.

    Cara Mengaktifkan Auto Rotasi di Ponsel Android

  3. Pada bagian tampilan ini, silahkan skroll kebawah dan temukan sebuah pilihan bertuliskan Rotasi layar otomatis dan centang.

    Cara Mengaktifkan Auto Rotasi di Ponsel Android

  4. Sekarang cobalah untuk memiringkan ponselnya, pasti rotasi otomatis ini sudah bekerja.

Baik ponsel dengan layar 3.5 inch ataupun 7 inch keatas, fitur auto rotasi ini masih diperlukan untuk beberapa hal. Misalnya menonton video pada Gallery, pastilah biasanya dalam mode potrait saja, namun ketika pengguna memiringkan ponselnya akan menuju tampilan penuh dan menonton video jauh lebih nyaman. Untuk Android tablet, pastilah sangat perlu untuk mengaktifkannya karena Saya rasa sebuah tablet akan lebih mudah digunakan dalam posisi miring. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi dan game yang mendukung untuk rotasi otomatis, jadi tampilan aplikasi tersebut akan tetap baik dan tidak akan hancur.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment