≡ Menu

Cara Mengukur Kecepatan Internet Secara Mudah

Gambar dari kecepatan internet maksimal

Internet ditujukan untuk menyalurkan informasi yang ada supaya seluruh masyarakat bisa saling belajar dan mengerti tentang apa yang dinginkannya. Mengetahui saat ini banyak yang putus sekolah sejak SMP maupun SD, orang tersebut masih bisa mempelajari segalanya dari internet. Apalagi saat ini telah disediakan koneksi fiber 4G yang memungkinkan pengguna bisa mengakses internet 2x lebih cepat dari biasanya, namun hal tersebut juga kembali lagi pada biaya yang akan dikeluarkan. Jika hanya digunakan untuk browsing saja, koneksi jaringan 3G saja sudah cukup untuk keperluan tersebut.

Apakah kecepatan internet bisa diukur sepenuhnya secara nyata? Tentu saja bisa dan hal ini membutuhkan bantuan sebuah alat. Ada berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan jaringan internet saat ini dan terdapat satu website yang menyediakan alat untuk mengecek kecepatan internet yang memiliki server yang banyak sekali dan dalam kondisi UP. Website yang akan Saya ulas kali ini adalah Speedtest, dimana hanya situs tersebut yang memiliki server paling banyak untuk mengecek kecepatan internet secara nyata dan bukan hanya sekedar tipuan. Setiap alat yang mengukur internet pastilah melakukan download dan upload dalam jangka waktu kurang dari 1 menit, jadi pastikan pengguna telah menyiapkan kuota yang cukup untuk melakukan ini.

Speedtest tidak hanya bisa digunakan pada perangkat PC saja, namun sudah tersedia aplikasi untuk perangkat smartphone seperti Android. Hampir semua orang menggunakan Speedtest untuk mengukur kecepatan internet mereka supaya dapat mengetahui seberapa cepat proses download maupun upload sebenarnya. Ada banyak sebab mengapa pengguna harus mengukur kecepatan internet ini suatu waktu, contoh halnya seperti ingin mengunduh berkas pada situs file hosting. Kebanyakan file hosting akan membatasi kecepatan internet, memungkinkan proses download akan dikurangi hingga 20-40% dari kecepatan koneksi saat ini. Masih banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini dan langsung lapor pada operator akibat kecepatan yang tidak sesuai.

Maka dari itulah mengapa ada Speedtest ini yang bisa digunakan mengukur kecepatan internet yang sesungguhnya. Baik itu pengguna VPS/RDP, kecepatan internet yang ditampilkan oleh website Speedtest ini sangatlah nyata. Speedtest mengukur kecepatan dalam bentuk Mb/s (bit) bukan MB/s (byte), jadi mohon dipahami sebelumnya sebelum membuat keputusan untuk melaporkan operator. Jadi misalkan pengguna mencoba mengukur kecepatan internet dengan Speedtest dan hasil Upload adalah 3Mb/s, itu pertanda kecepatan internet per detik dalam hitungan kilo byte adalah 300.000Kb per detik dan bukan 3000.000Kb per detik. Berikut ini tata cara mengukur kecepatan pada website Speedtest.

  1. Pertama-tama silahkan hubungkan perangkat ke internet dan masuk pada browser, pastikan telah memasang Adobe Flash dan tidak menggunakan jaringan VPN.
  2. Selanjutnya silahkan buka website Speedtest.net dan sebaiknya memilih server negara secara manual. Untuk letak Indonesia, ada pada bagian ini.

    Menggunakan Speedtest untuk mengukur kecepatan internet

  3. Setelah itu pilih server sesuai keinginan, akan lebih baik jika ada pada kota saat ini. Selanjutnya proses ping akan berjalan.

    Menggunakan Speedtest untuk mengukur kecepatan internet

  4. Setelah proses ping, akan ditujukan pada proses download dan proses upload. Dan selesai.

    Menggunakan Speedtest untuk mengukur kecepatan internet

Mudah sekali bukan? Terkadang situs speedtest ini tidak menujukan negara yang benar dan itu menyebabkan proses ping menjadi sangat lama, namun coba perbandingkan dengan memilih pada server di negara indonesia, pasti proses ping akan jauh lebih cepat. Ada beberapa website indonesia yang menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet, dan salah satunya adalah CBN, tapi website tersebut masih menggunakan jasa speedtest dan hanya saja server yang digunakan langsung dari wilayah indonesia saja.

Jika pada Android, caranya sangat mudah dan tidak perlu memilih negara karena akan diseleksi secara otomatis dan dicari yang tercepat. Yang diperlukan pada Android hanyalah memasang aplikasi Speedtest dan mulai menjalankannya dengan menekan tombol Begin Test berwarna kuning dan tunggu hingga proses selesai. Kecepatan internet ini tergantung dari ISP apa yang digunakan serta mode jaringan, jadi jika menggunakan WiFi, itu juga tergantung dari paket apa yang dipilih. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Muzaku Musik June 1, 2016, 7:07 am

    kalau di Android itu perlu akses root ngga mas ?

    • rrobyf June 1, 2016, 11:18 am

      Tidak perlu, hanya koneksi internet saja yang harus dihidupkan.

Leave a Comment