≡ Menu

Cara Mengatasi .htaccess Tidak Berfungsi di XAMPP

Mengaktifkan file htaccess di XAMPP

Ada banyak keunggulan dari XAMPP yang bisa membuat komputer menjadi server lokal yang bisa digunakan untuk mengerjakan sebuah script yang menyangkut dengan programming. Dengan bantuan XAMPP ini, pengguna bisa memulai untuk mengerjakan script PHP yang bisa diekseskusi secara offline dan tidak memutuhkan koneksi apabila script tidak melakukan semacam autentikasi ke website lain seperti login atau mengambil sesuatu dari website luar. Semua programmer pasti membutuhkan ini untuk memudahkan pekerjaan dalam pengeditan script secara offline diserver sendiri karena tidak takut adanya kesalahan dan bisa digunakan juga untuk belajar saja.

Selain PHP, XAMPP juga bisa menjalankan MySQL, FileZilla, Mercury, dan TomCat. Dan pengguna bisa mengaturnya seluruh konfigurasi yang diperlukan. Jadi jika sebelumnya pengguna melakukan pengeditan website dari hosting melalui filemanager atau FTP yang tidak sepenuhnya bisa terus benar, sekarang bisa melakukannya dengan mudah dengan bantuan XAMPP dan tidak perlu takut akan terjadinya kode yang salah atau kurang karena tidak ada yang melihat kecuali jaringan lokal yang tersambung. Pengguna bisa memulai untuk mengubah setelan konfigurasi tata letak ROOT atau bisa disebut htdocs dan untuk mengunjunginya cukup menggunakan URL localhost ataupun alamat IP 127.0.0.1.

Yang membuat alat ini menarik adalah bahwa XAMPP bekerja di latar belakang dan tidak pernah membuat perangkat menjadi lambat akibat banyak task yang diaktifkan. Jadi pengguna tidak perlu ragu ketika ingin mencoba pada komputer dengan spek yang rendah/mencukupi. Ada hal yang membuat XAMPP ini tidak bisa berkerja sepenuhnya yaitu tidak bisa membaca file .htaccess dan harus diaktifkan secara manual. Mungkin jika pengguna pernah menginstall semacam mesin blog pada XAMPP ini seperti WordPress, pastilah terdapat file .htaccess didalamnya dan kegunaanya untuk melakukan banyak hal, salah satunya ialah mengganti URL supaya lebih rapi.

Pada artikel ini akan Saya bagikan cara untuk mengaktifkan .htaccess tersebut supaya bisa digunakan dengan baik, karena jika .htaccess tidak bisa berfungsi akan menuju halaman 404 yang membuatnya seperti mengunjungi halaman yang salah. Meski kegunaan .htaccess ini kebanyakan dari URL dan File saja, namun sangat penting jika digunakan untuk membuat situs lebih baik dan berkelas. Karena tanpa .htaccess ini, pengguna tidak akan bisa membuat URL dengan rapi tanpa harus membuat folder pada direktori. Berikut ini tata cara mengatasinya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan buka XAMPP dan menuju ROOT directori (htdocs). Pastikan file .htaccess sudah ada, dan apabila belum ada silahkan buat terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya silahkan menuju direktori dimana XAMPP telah diinstall, dan menuju folder /apache/conf/ dan carilah file bernama httpd.conf silahkan edit menggunakan notepad.
  3. Pada file tersebut silahkan cari (CTRL+F) dengan teks bertuliskan AllowOverride None dan silahkan ganti menjadi AllowOverride All.
  4. Masih belum selesai, silahkan cari lagi LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so dan hilangkan tanda # yang ada di samping kiri teks tersebut. Lalu save file dan jalankan lagi Apache pada XAMPP.

Mudah sekali bukan? Biasanya pengguna lupa belum membuat file .htaccess karena kebanyakan PC membatasi untuk bisa membuat file langsung dengan extensi tanpa ada nama. Untuk itulah sebabnya Saya menyuruh pengguna untuk mengecek terlebih dahulu file .htaccess tersebut apakah sudah ada atau tidak sama sekali. Dan pada bagian menghilangkan tanda pagar (#) untuk teks LoadModule tadi, hal tersebut supaya bisa terbaca, karena tanda pagar berarti menyembunyikan atau hanya sekedar digunakan comment saja. Terkadang tidak perlu menghilangkan tanda pagar dari LoadModule Rewrite tersebut sudah bisa, namun di beberapa perangkat ada yang bilang harus melakukan itu. Dan satu hal yang penting untuk bisa megaktifkan .htaccess adalah mengubah AllowOverride none menjadi AllowOverride All. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • tomy December 22, 2016, 10:46 am

    gak bisa juga mas…ada solusi lain??

    • rrobyf December 22, 2016, 11:18 am

      Wah selain itu masih belum ada cara yang pernah Saya coba gan. Karena cara diatas sudah termasuk pengalaman Saya sendiri.

  • emje July 29, 2016, 6:06 am

    Terima Kasih Infonya…Semoga Bermanfaat..

Leave a Comment