≡ Menu

Aplikasi Untuk Menghapus Cache Di Android

Cache yang ada pada ponsel Android tentunya disebabkan oleh aplikasi yang sedang bekerja. Contoh sederhana adalah pada aplikasi peramban. Pada aplikasi peramban setiap kamu menelusuri website, halaman akan dimasukan pada cache, hal ini berguna untuk meminimalisir penggunaan data yang berlebih. Contoh yang dapat masuk pada cache dengan ukuran besar adalah situs yang memakai javascript ajax. Saat pertama kali membuka halaman tersebut pasti akan terasa sedikit lama, tapi setelah membuka lagi halamannya untuk kedua kali, waktu pembukaan situs tersebut akan lebih cepat dibanding sbelunnya, hal tersebut dikarenakan “cache“.

Jika di peramban tentu sudah ada menu untuk menghapus cache pada setelan, tapi bagaimana untuk aplikasi lain, seperti game ? Jangan khawatir karena sudah tersedia aplikasi pintar bernama App Cache Cleaner, dengan aplikasi tersebut kamu dapat menghapus cache yang tersimpan pada aplikasi dengan sekali klik, baik itu peramban, browser lain, ataupun game.
Selain cache membuat beban pada RAM, jika cache menumpuk maka bisa membuat ponsel Android menjadi lemot dan macet-macet. Jangan menilai dari ukuran aplikasinya, menganggap tidak membuat memory RAM terbebani, tapi lihat dari kinerjanya.

Saat ponsel Android Saya masih baru, Saya tidak pernah menghapus cache pada peramban hingga 100Mb lebih, saat itu Saya tidak belum mengerti soal cache yang tersimpan dan akhirnya lama-lama ada efeknya yaitu membuka menu sedikit lama seperti macet-macet. Lalu Saya cari solusi di mesin pencari google dan akhirnya menemukan solusi untuk membuat ponsel tidak lemot, dan ternyata akibatnya dari berkas cache yang terlalu besar. dan aplikasi App Cache Cleaner adalah aplikasi pertama yang Saya gunakan dan yang paling terbaik. Berikut ini sedikit screenshot dari aplikasi tersebut.!

App Cache Cleaner App Cache Cleaner App Cache Cleaner App Cache Cleaner

Cache yang ada pada aplikasi dibagi menjadi dua, ada yang langsung dari temporary data dan dari SD files. Kebanyakan yang suka membuat ponsel lag adalah dari temporary data, karena tidak masuk pada SD Card. Di aplikasi App Cache Cleaner juga terdapat fitur schedule yang bisa menghapus cache secara otomatis sesuai waktu yang telah diatur, dan fitur menghapus cache sebelum membuka aplikasi, mengupayakan supaya saat memainkan semacam game tidak ada lag/macet-macet.

Aplikasi App cache cleaner ini dibagikan gratis, dan disini Saya sudah membagikan link download yang mudah alias direct link APK. Sebelum mengunduh, aplikasi ini memerlukan Android versi 2.0 keatas, ukuran apkikasi hanya sekitar 1.95 Mb, dapat digunakan pada ponsel Android low-end. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment