≡ Menu

Fungsi Dari ucfirst() lcfirst() Dan ucwords() Di PHP

PHP Logo

Ada tiga komponen yang digunakan untuk merubah awalan kata menjadi besar atau kecil dengan mudah atau disebut otomatis, dan ketiga komponen tersebut adalah fungsi manual yang didirikan oleh PHP.

Dari semua fungsi tersebut dapat digunakan untuk membuat judul artikel, pemanggilan nama/tempat, dan sebagainya. Dan semua dari ketiga kode itu terkait dengan awalan kata.

Ketiga fungsi itu adalah ucfirst, lcfirst, dan ucwords dan supaya tahu akan fungsi masing-masing, akan di jelaskan satu-satu dari ketiga fungsi itu.

ucfirst() Function
UC yang artinya Upper Case atau dalam bahasa indonesia Teks Tebal, yang bersifat hanya melihat awal karakter dari setiap kata yang telah di-input. Sebagai contohnya seperti ini.

<?php
echo ucfirst('paijo membaca buku');
?>

Lihatlah setiap karakter besar atau kecil dari tulisan yang di-input, dan hasil kode diatas adalah: Paijo membaca buku. Perbedaanya dari tulisan P yang berkaitan dengan Paijo diubah menjadi besar, karena ucfirst hanya membaca awalan kata pertama saja, dan tidak setiap kata.

lcfirst() Function
LC yang artinya Lower Case atau dalam bahasa indonesia adalah Teks Kecil, yang hanya membaca teks besar dari awal kata untuk dijadikan kecil. Sebagai contohnya silahkan lihat kode dibawah ini.

<?php
echo lcfirst('Paijo membaca buku');
?>

Lihatlah setiap karakter besar atau kecil dari tulisan yang di-input, dan hasil kode diatas adalah: paijo membaca buku. Perbedaanya dari tulisan p yang berkaitan dengan paijo diubah menjadi kecil, karena lcfirst hanya membaca awalan kata pertama saja dan tidak setiap kata.

ucwords() Function
UC yang artinya Upper Case atau dalam bahasa indonesia yaitu Teks Besar. Disini berbeda dengan ucfirst karena fungsi ini membaca awal teks dari setiap kata dan dijadikannya menjadi besar. Sebagai contohnya silahkan lihat kode dibawah ini.

<?php
echo ucwords('paijo membaca buku');
?>

Lihat setiap karakter yang pada kode yang di-inputkan diatas, yakni memakai huruf kecil semua, dan jika dipanggil dengan ucwords hasilnya adalah: Paijo Membaca Buku. Perbedaanya adalah karakter awal dari setiap kata, amati lebih teliti pada kode dan hasil dan akan tahu dimana perbedaan antara ucfirst dan lcfirst dengan fungsi ini.

Mungkin banyak orang masih bingung akan hal ini, tapi jika mencoba setiap fungsi dengan cara mempraktekannya, pasti akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang dimengerti. Jika ada yang ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar 🙂

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment