Cara Mengaktifkan Developer Mode di Discord

Discord adalah aplikasi chatting populer yang digunakan oleh para gamer dan komunitas online lainnya. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membuatnya menjadi aplikasi komunikasi yang sangat baik, termasuk obrolan teks, suara, dan juga video. Namun Discord juga memiliki beberapa fitur yang ditujukan untuk pengembang yang mana fitur itu tidak diaktifkan secara default. Salah satu fitur tersebut adalah mode pengembang.

Developer Mode atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai Mode pengembang memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa fitur tambahan yang tidak tersedia untuk pengguna biasa. Fitur-fitur itu termasuk kemampuan untuk melihat ID channel dan pesan, kemampuan untuk membuat perintah slash kustom, dan kemampuan untuk menguji fitur-fitur Discord baru.

Cara Mengaktifkan Developer Mode di Discord

Fitur Developer Mode dapat diaktifkan baik melalui website ataupun langsung dari aplikasi. Keduanya memiliki cara yang sama, meskipun di artikel ini saya menunjukkan tutorialnya melalui website, akan tetapi kamu juga dapat langsung menerapkannya di aplikasi ponsel.

Dan berikut ini tutorialnya, silakan ikuti dengan baik:

  1. Buka website Discord.
  2. Klik ikon roda gigi (Pengaturan) di dekat foto profil.

    Klik Ikon Roda Gigi di Discord

  3. Gulir ke bawah dan pilih menu Advanced.

    Pilih Menu Advanced

  4. Setelah itu pada aktifkan pada opsi Developer Mode.

    Mengaktifkan Developer Mode pada Discord

  5. Selesai, kini Developer Mode telah berhasil diaktifkan.

Untuk memastikannya apakah mode tersebut sudah berhasil diaktifkan atau belum, silakan buka salah satu pesan dan kemudian klik kanan pada pengguna tersebut. Dan pastinya akan muncul opsi Copy ID di bagian bawah.

Opsi untuk Menyalin User ID di Discord

Apa Saja yang Dapat Dilakukan dengan Mengaktifkan Developer Mode?

Karena fitur ini dikhususkan untuk para developer (pengembang), maka beberapa fitur tambahan akan tersedia untuk mempermudah mereka dalam mengatur segala hal. Salah satu contohnya seperti proses pembuatan bot, atau pada saat mengelola.

Beberapa fitur tambahan itu meliputi pengecekkan ID channel dan pengguna, membuat perintah slash, melakukan testing, dan masih banyak lagi. Jadi untuk mendapatkan itu tidak susah payah menggunakan Rest API lagi, karena bisa dengan cepat melalui UI Discord itu sendiri.

Baca juga: Cara Mendaftar Github Student Developer Pack

Kesimpulan

Developer Mode adalah fitur yang sangat berguna untuk berbagai tujuan. Jika kamu tertarik untuk mengembangkan bot Discord, membuat aplikasi pihak ketiga untuk Discord, atau sekedar melakukan testing, maka saya sangat merekomendasikan untuk mengaktifkan mode ini.

Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan terkait tutorial di atas, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *