Cara Mengatasi No Backend Available di Google Colaboratory

Cara Mengatasi No Backend Available di Google Colaboratory

Google Colaboratory merupakan layanan gratis untuk mengelola keperluan machine learning berbasis Jupyter Notebook. Setiap pengguna diberikan resource gratis berupa CPU, GPU, dan TPU yang dapat digunakan untuk melatih model. Namun dibalik itu pastinya terdapat batasan tersendiri dalam menggunakannya.

Batasan yang terlampir pada halaman FAQ adalah setiap runtime yang dijalankan memiliki batas waktu selama 12 jam sebelum itu dinonaktifkan secara otomatis. Namun terdapat pula layanan berbayar yang memastikan pengguna dapat menjalankan runtime hingga 24 jam.

Terkadang ketika akun telah terkena pembatasan, akan muncul notif berupa “Sorry, No Backend Available” atau “Cannot Connect to GPU Backend” ketika menjalankan runtime jenis GPU atau TPU. Dan jika hal ini terjadi, maka pengguna harus menunggu beberapa saat sampai pembatasan itu dihapus.

Penyebab Akun Terkena Pembatasan di Google Colaboratory

Rata-rata penyebabnya adalah penggunaan runtime yang terlalu lama secara terus-menerus. Hal ini akan mengakibatkan akun terkena pembatasan sementara sehingga notif tersebut akan muncul. Sebagai contohnya pengguna baru saja melakukan training model 6 jam menggunakan runtime GPU atau TPU. Sedangkan untuk CPU sepertinya tidak ada pembatasan terkait hal ini.

Hal kedua yang menyebabkan akun terkena pembatasan adalah melakukan pelanggaran terhadap layanan di Colaboratory. Pastinya akun takkan bisa menjalankan runtime lagi dan pembatasan yang diterapkan oleh sistem jauh lebih lama dari normal.

Google Colaboratory tidak menjelaskan secara detail mengenai pembatasan yang dilakukan terhadap setiap akun. Bahkan akun yang telah berlangganan versi berbayar pun juga bisa mendapatkan pembatasan ini. Jadi pengguna tidak dapat memastikan pembatasan ini berlangsung sampai kapan.

Solusi No Backend Available pada Google Colaboratory

Pembatasan normal biasanya akan berlangsung selama beberapa jam saja, dari pengalaman saya hanyalah 3 sampai 5 jam dan kemudian dapat menggunakan runtime GPU atau TPU lagi. Jadi ada baiknya untuk menunggu beberapa jam dan setelah itu coba lagi untuk mencoba menjalankan runtime kembali.

Ada kalanya masalah pembatasan ini berlangsung selama berhari-hari, yang mana menurut saya ini kurang normal terjadi. Dan apabila kamu mengalami masalah ini, saya sarankan untuk berpindah akun Google.

Saat artikel ini dibuat, Google Colaboratory tidak membatasi satu akun per orang, jadi kamu bisa menggunakan 2 akun apabila itu yang diperlukan. Jadi sambil menunggu pembatasan selesai pada akun pertama, kamu bisa menggunakan akun kedua tersebut.

Baca juga: Cara Membuat RDP Windows di Google Cloud

Berapa Lama Pembatasan Runtime di Google Colaboratory?

Sehubungan Google Colaboratory tidak menjelaskan seberapa lama pembatasan yang diterapkan kepada suatu akun, maka disini saya hanya dapat memberikan informasi tersebut berdasarkan pengalaman dan juga hasil penelusuran di internet.

Pembatasan normal berlangsung beberapa jam, antara 3 hingga 12 jam. Sedangkan pembatasan tidak normal (akibat pelanggaran) berlangsung beberapa hari hingga 1 bulan.

Namun informasi ini masih tidak 100% akurat, karena Google Colaboratory mungkin saja memiliki sistem pintar untuk mengatur pembatasan ini terkait aktivitas atau tindakan yang dilakukan pengguna terhadap layanannya. Jadi seberapa lama pembatasan itu, tergantung dari aktivitas yang kamu kerjakan pada Google Colaboratory.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.