Cara Cepat Menghilangkan Background Gambar Menjadi Transparan

Proses menghilangkan background pada sebuah gambar pada dasarnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika warna background tidak solid, sehingga perlu waktu lebih lama untuk melakukannya pada aplikasi atau program editor gambar.

Rata-rata program yang digunakan untuk menghilangkan background adalah semacam Adobe Photoshop, karena memiliki fitur seleksi yang pintar. Tapi selain itu ada pula lho cara lain yang 2 kali lebih cepat, yakni menggunakan teknologi AI.

Dengan memakai AI, proses seleksi gambar akan dilakukan oleh sistem AI itu sendiri, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah menyiapkan gambar dan mengunggahnya pada layanan penghapus background, kemudian cukup menunggu sampai backgroundnya menjadi transparan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak dengan baik mulai dari sini.

Cara Menghilangkan Background Gambar Secara Otomatis dan Cepat

Layanan yang akan digunakan untuk menghilangkan background gambar adalah RemoveBG. Sesuai dengan namanya, situs web tersebut menyediakan fitur yang dikhususkan untuk melakukan hal ini saja. Dan ajaibnya, hanya perlu satu klik saja untuk kamu dalam melakukannya.

Tak menunggu lama lagi, berikut ini cara cepat dalam menghilangkan background gambar menjadi transparan:

  1. Silakan menuju situs web RemoveBG.
  2. Klik tombol Upload Image dan pilih gambar yang telah disiapkan.

    Klik Upload Image

  3. Kemudian tunggu beberapa saat.
  4. Dan hasil gambar dengan background transparan akan ditampilkan.

    Hasil Gambar dengan Background Transparan

  5. Klik tombol Download untuk menyimpannya.

    Download Hasil Gambar Transparan

RemoveBG menyediakan akses gratis sepenuhnya terhadap pengunduhan gambar dalam ukuran normal. Namun jika yang kamu inginkan adalah ukuran asli, maka pengguna diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Gambar HDR 360° dengan HP Android

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layanan RemoveBG

Setiap layanan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan pada RemoveBG, kelebihan yang mereka tawarkan adalah menghilangkan background dengan cepat. Kurang lebihnya pengguna hanya perlu menunggu paling lama 1 menit dan kemudian hasil gambar akan muncul.

Kelebihan lainnya adalah mereka memberikan akses gratis untuk mengunduhnya dalam ukuran gambar normal. Sedangkan jika ingin ukuran asli sesuai gambar, maka perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mengklaim 1 kredit gratis, yang nantinya digunakan untuk mengunduh hasil gambar tersebut.

Kekurangannya menurut saya ada pada kredit yang diberikan ke pengguna. Jadi hanya 1 Kredit yang diberikan oleh RemoveBG yang mana hanya bisa dipakai untuk satu gambar saja. Jadi apabila itu sudah terpakai, maka pengguna takkan bisa mengunduh gambar dengan ukuran HD lagi kecuali membeli tambahan kredit.

Setiap bulan juga ada batasan 50 kali untuk mengunduh ukuran normal atau preview pada gambar. Dan kekurangan ini menurut saya hal yang wajar untuk layanan sejenis ini.

Mengapa bisa wajar? Karena proses AI rata-rata menggunakan GPU untuk mem-proses permintaan lebih cepat, dan semakin tinggi resolusi gambar, maka perlu daya yang cukup tinggi pula yang dibutuhkan dalam prosesnya.

Kelebihan bagi pengguna yang membeli kredit adalah tidak akan dirugikan dengan hasil gambar nantinya, karena sebelum mengunduh gambar dalam ukuran HD, dia dapat melihat terlebih dahulu preview-nya (ukuran normal). Jadi apabila hasil pemotongan background gambar itu pas sesuai ekspetasi, dari situlah waktu yang tepat untuk mengunduhnya dalam ukuran HD.

Jika misalnya 1 kredit yang diberikan akan ter-refresh setiap hari, tentu hal tersebut akan semakin baik lagi. Dan siapa tahu suatu saat mereka menerapkan hal tersebut untuk menarik lebih banyak pengguna.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.