Cara Melewati Arkoselab Captcha (FunCaptcha) dengan Mudah

Fungsional dari sebuah captcha adalah melindungi website dari suatu robot, sehingga hanya manusia saja yang dapat berinteraksi terhadap isi pada website. Dan saat ini ada beberapa layanan captcha yang populer dan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam menggunakannya.

FunCaptcha atau bisa disebut sebagai Arkoselab Captcha merupakan layanan anti fraud dan abuse yang populer saat ini. Berbeda jika dibandingkan dengan Recaptcha yang dimiliki Google, justru Arkoselab memberikan jenis captcha yang berbeda-beda pada sebuah website.

Ada jenis captcha yang mudah, ada pula yang sukar untuk diselesaikan. Hal inilah yang kadang membingungkan bagi para pengguna dan sulit untuk melewatinya. Tapi disini akan saya bagikan tata cara mudah dalam melewatinya supaya suatu saat kamu menemui jenis captcha ini, kamu takkan kebingungan lagi dalam menyelesaikannya.

Tips Melewati Captcha dari Arkoselab

Kurang lebihnya ada 3 jenis captcha berbentuk gambar yang saat ini disediakan oleh Arkoselab. Dari ketiga itu, yang paling sulit adalah jenis membalikkan badan hewan dengan benar. Jadi disini akan dibahas dari yang tersulit terlebih dahulu.

1. Captcha Memilih Posisi Hewan yang Benar

Jika kamu menemui jenis captcha yang menampilkan gambar hewan berwarna hitam putih, maka yang perlu kamu pilih adalah posisi badan hewan yang benar, dan setelah itu menekan tombol Submit dibawahnya.

Berikut ini contoh gambarannya:

Contoh Captcha dari Arkoselab
Contoh Captcha dari Arkoselab 1
Contoh Captcha dari Arkoselab 2

Pastikan pula kamu mengikuti intruksi yang diberikan oleh sistem, karena kadang yang betul justru badan hewan yang terbalik. Namun hal ini sangat jarang sekali, alias rata-rata sistem selalu membutuhkan posisi badan hewan yang benar tegak tanpa ada salah/miring sedikitpun.

2. Captcha Memilih Gambar Sesuai Intruksi

Tersedia sekiranya 6 gambar dan salah satunya merupakan gambar yang harus kamu pilih dengan benar. Kamu bisa memilihnya sesuai intruksi yang diberikan sistem. Misalnya diminta untuk memilih gambar banana (pisang), maka silakan pilih gambar pisang dengan benar.

Berikut contoh captcha jenis ini:

Contoh Captcha dari Arkoselab 3
Contoh Captcha dari Arkoselab 4
Contoh Captcha dari Arkoselab 5

Ini merupakan captcha paling mudah untuk diselesaikan. Tapi jika kamu sampai salah satu kali, maka kamu harus mengulangi dua kali untuk bisa melewati captcha tersebut. Hal ini sudah berdasarkan dari pengalaman saya sendiri. Jadi semakin banyak salah dalam menebak, semakin lama pula untuk melewatinya. Tapi saya pastikan pengguna takkan pernah salah sampai tiga kali untuk jenis captcha ini.

3. Captcha Khusus pada Suatu Website

Rata-rata captcha dari Arkoselab yang dikhususkan untuk suatu website tidak akan berubah-ubah. Sebagai contohnya seperti pada website Github, dimana captcha yang diberikan merupakan jenis yang sama secara terus-menerus.

Ini dia contohnya:

Contoh Captcha dari Arkoselab 6

Untuk menyelesaikan captcha yang sama, pastinya ini akan lebih mudah dan cepat karena intruksi yang diberikan sistem selalu sama dan tidak berubah-ubah.

Solusi Captcha Arkoselab Lama dalam Menyelesaikannya

Sebagai tambahan, jika kamu merasa kesulitan dalam menyelesaikan captcha bukan karena salah dalam memilih gambar, akan tetapi karena sesi pemilihan yang diberikan tergolong banyak, sebagai contohnya kamu diminta memilih gambar benar sebanyak 10 kali, tentunya hal tersebut sangat membosankan, apalagi jika salah sekali saja harus mengulang.

Solusinya adalah me-restart jaringan internet yang kamu gunakan supaya mendapatkan alamat IP yang baru. Dan bersihkan pula dan cache beserta cookies pada browser, kemudian coba kembali untuk melewati captchanya.

Biasanya hal ini ditimbulkan karena IP atau browser kamu tertanda berpotensi sebagai robot, sehingga sistem membutuhkan banyak pilihan captcha benar untuk melewatinya. Dan solusi satu-satunya adalah mengubah alamat IP (merestart jaringan) dan membersihkan browser saja.

Baca juga: Cara Melewati “Saya Bukan Robot” di Pencarian Google

Kesimpulan

Captcha yang disediakan oleh Arkoselab kerap kali ditemukan di internet, walau tak sebanyak seperti Recaptcha, tapi Arkoselab telah dipakai pada situs-situs besar, contohnya seperti di setiap produk Microsoft, dan bahkan di Twitch pun juga menggunakannya.

Normalnya pengguna hanya diminta untuk memilih satu atau dua kali gambar yang benar dan kemudian bisa untuk melewatinya. Namun jika diminta memilih sebanyak 10 kali atau bahkan lebih, tentunya hal tersebut sama halnya seperti membuang-buang waktu, apalagi jika jenis captchanya sulit. Tapi hal tersebut dapat diatasi dengan solusi yang telah saya sampaikan diatas tadi.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.