≡ Menu

Cara Konversi PEM ke PPK dengan PuTTY

Menyambung ke SSH memang bisa menggunakan file PEM sebagai pengganti password. Akan tetapi akan terdapat halangan jika pengguna memakai program PuTTY untuk mengakses SSH, karena alat tersebut tidak menerima file PEM, dan lebih mengutamakan PPK.

Perbedaanya cukup sederhana, PEM adalah public key, sementara PPK adalah private key. Dan untuk mengubahnya juga sangat mudah, karena PuTTY sendiri telah menyediakan alat tambahan bernama PuTTY Key Generator (PuTTYGen) untuk membuat public/private key ataupun melakukan konversi key file.

Sebagai contohnya ketika kamu baru saja membuat instance atau VPS baru di Amazon Web Services, pastilah disana hanya disediakan file PEM untuk menyambung ke instance tersebut. Nah supaya kamu bisa mengaksesnya melalui PuTTY, diperlukan sedikit langkah untuk mengubah format key filenya.

Mengubah dari .pem ke .ppk Melalui PuTTYGen di Windows

  1. Download terlebih dahulu file PuTTY Gen untuk Windows.
  2. Buka program PuTTY Gen tersebut.
  3. Klik menu Conversion > Import Key.

    Mengkonversi PEM ke PPK di Windows

  4. Setelah itu pilih file PEM yang dimiliki.
  5. Apabila file PEM telah termuat, klik tombol Save Private Key.

    Mengubah Key PEM Menjadi PPK

  6. Beri nama baru untuk file PPK tersebut.

Sekarang file dengan format PPK telah berhasil dibuat dan siap digunakan sebagai auth key untuk konek ke SSH dengan program PuTTY. Ada baiknya untuk menyimpan kedua file tersebut demi keamanan.

Baca juga: Cara Transfer File Melalui SSH dengan SCP

Melakukan Konversi di Linux

Jika cara diatas dilakukan melalui Windows, kamu juga bisa menkonversi format PEM ke PPK melalui Linux. Ini bisa dilakukan lebih praktis dengan bantuan terminal. Dan cara dibawah ini diterapkan pada OS Ubuntu.

Pertama install terlebih dahulu PuTTY Tools dengan perintah berikut ini:

sudo apt-get update
sudo apt-get install putty-tools -y

Setelah itu adalah proses konversi. Pastikan file PEM sudah disediakan, dan dibawah ini adalah contoh perintah untuk mengkonversinya:

sudo puttygen KEY.pem -o KEY.ppk -O private

Harap ubah KEY.pem dengan direktori atau letak file PEM berada, dan nantinya hasil file PPK akan tersedia pada direktori home user saat ini bernama KEY.ppk. Jika ada kendala atau pertanyaan lain, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment