≡ Menu

Signal: Aplikasi Chat Rahasia dan Anti Sadap

Signal: Aplikasi Chat Rahasia dan Anti Sadap

Signal adalah aplikasi chatting yang mengunggulkan fitur privasinya. Menjamin setiap pesan yang dikirim atau diterima tidak dapat diketahui oleh orang lain dengan cara apapun. Karena setiap pesan pada aplikasi ini akan ter-enkripsi.

Keamanan yang disediakan nyaris sama seperti di WhatsApp, hanya saja terdapat perbedaan fitur yang mana menurut Saya Signal lebih unggul dalam menjaga privasi para penggunanya. Selain itu, aplikasi ini gratis untuk digunakan, serta tidak ada iklan sama sekali didalamnya.

Terdapat keunggulan tersendiri dari aplikasi Signal dibanding yang lain. Beberapa dari itu akan dibahas disini. Jadi apabila kamu bingung pilih aplikasi chatting mana yang bagus untuk digunakan dan melindungi privasi penggunanya, mungkin bisa mencoba untuk memasang Signal ini.

Aplikasi Signal 100% Dibuat untuk Pengguna

Signal merupakan organisasi non-profit yang tidak terkait dengan perusahaan teknologi besar manapun, dan mereka memastikan takkan pernah dimiliki oleh salah satu dari itu. Jadi secara keseluruhan, aplikasi chatting ini memang dibuat untuk pengguna, bukan untuk mencari keuntungan.

Pengembangan terhadap aplikasi didukung dari donasi para pengguna. Tentunya itu digunakan untuk membangun aplikasi lebih baik lagi, termasuk juga untuk biaya server.

Signal Sepenuhnya Bersumber Terbuka (Open Source)

Signal Open Source

Maksud dari terbuka adalah semua orang dapat melihat isi kode didalamnya untuk memastikannya benar-benar aman sepenuhnya. Jadi kamu sendiri bisa melakukan compile aplikasi secara manual, tanpa harus mengunduh di Play Store.

Berbeda dengan WhatsApp yang tidak terbuka, justru Signal benar-benar ingin menunjukkan pada dunia bahwa aplikasi chatting ini benar-benar aman, tidak ada iklan, tidak ada pelacak, dan sepenuhnya dibuat untuk menghargai privasi para pengguna.

Panggilan Suara dan Video Gratis

Panggilan Gratis di Signal

Untuk yang satu ini mungkin tidak cukup mengejutkan, karena kebanyakan aplikasi telah hadir dengan fitur tersebut. Jadi hanya dengan bermodalkan koneksi internet, kamu bisa menghubungi seseorang jarak jauh secara gratis.

Dari pengalaman Saya, panggilan suara dan video terdengar jelas selama koneksi internet stabil. Sedangkan jika koneksi internet tidak stabil, memungkinkan akan terjadi keterlambatan terhadap gambar di video dan audio, sehingga terlihat seperti tidak realtime. Namun itu hal yang biasa, mengingat pada aplikasi chatting yang lain juga membutuhkan koneksi yang stabil.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah dari Chat Telegram

Berkumpul Bersama dengan Fitur Grup

Mengobrol dengan banyak teman sekaligus juga bisa dilakukan dari fitur grup. Dan kabar baiknya adalah tak ada batasan terhadap anggota yang bergabung. Jadi membangun komunitas di Signal sangatlah memungkinkan tanpa perlu memisah grup menjadi beberapa bagian.

Fitur Masa Aktif Pesan

Fitur Penghilang Pesan

Fitur unggulan lainnya adalah masa aktif pesan. Disini kamu bisa mengatur jangka waktu pesan berakhir. Misalnya kamu mengaturnya untuk 1 hari, jadi seluruh pesan yang pernah dikirimkan dalam waktu 1 hari terakhir akan terhapus otomatis oleh sistem.

Ini mengacu pada seluruh jenis pesan, baik itu teks, suara, video, atau bahkan stiker sekalipun. Sehingga media pada konversasi tersebut juga akan terhapus sepenuhnya.

Masih ada banyak lagi fitur unggulan lainnya, dan itu bisa ditemukan didalam aplikasi. Jadi apabila kamu tertarik ingin mencobanya, silakan unduh aplikasi melalui Play Store atau Apps Store.

Signal juga tersedia juga untuk komputer Windows lho. Proses pendaftaran juga sangat mudah, hanya melalui nomor telepon saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap