≡ Menu

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Masuk Mode Sleep di PC

Mode Sleep pada PC memiliki kegunaan yang hampir sama dengan Mode Hibernasi, tetapi perbedaanya adalah pengguna tidak perlu menghidupkan ulang komputer dari awal. Jadi ini sama halnya seperti menggunakan fitur lockscreen yang ada di ponsel.

Seluruh task atau program yang berjalan pun akan tetap bisa dilanjutkan. Dan pada laptop, ketika masuk ke mode sleep, perangkat akan berjalan se-minimal mungkin dan hanya mengkonsumsi daya baterai yang rendah.

Biasanya PC akan otomatis masuk ke mode sleep apabila sistem mengalami idle atau tidak ada aktivitas dalam jangka waktu yang sedikit lama. Tapi ada kalanya terdapat PC yang tidak bisa masuk ke mode sleep. Dan pastilah ada penyebabnya.

Mengatasi PC Tidak Bisa Masuk ke Mode Sleep

Beberapa langkah yang dibagikan disini memungkinkan mode sleep dapat digunakan kembali dengan normal. Jadi apabila sekarang komputer atau laptop kamu memiliki kendala yang serupa, silakan lakukan beberapa cara ini, dimulai dari yang pertama.

1. Mengubah Setelan di Power Options

  1. Klik START/Search dan ketik Edit Power Plan, lalu ENTER.
  2. Kemudian klik pada menu Change Advanced Power Settings.
  3. Pada dialog yang muncul, klik dua kali pada Multimedia Settings.
  4. Dan dbagian When Sharing Media, atur sebagai Allow the computer to sleep.

    Mengubah Setelan di Power Options

  5. Tahap terakhir, klik tombol OK.

Kesimpulan sederhana dari cara diatas adalah memastikan bahwa kendalanya bukan disebabkan karena multimedia. Jadi kadang ketika perangkat sudah masuk ke mode sleep, langsung kembali hidup lagi. Disebabkan karena adanya media yang masih diputar seperti musik dan video.

2. Atur Sensitivitas Mouse

Untuk solusi yang ini lebih mengarah ke sensitivitas mouse. Karena kadang jika mouse digerakkan, akan membuat perangkat langsung menyala meski berada di mode sleep.

  1. Klik START/Search dan ketik Device Manager, lalu ENTER.
  2. Klik dua kali pada menu Mice and Other Pointing Devices.
  3. Klik kanan pada driver mouse yang digunakan sekarang ini, dan pilih opsi Properties.
  4. Kemudian menuju tab Power Management.
  5. Jangan centang pada opsi Allow this device to wake the computer.

    Atur Sensitivitas Mouse Supaya Komputer Bisa Masuk Mode Sleep

  6. Tahap terakhir, klik tombol OK.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Pointer Mouse di Windows 10

3. Atur Network Adapter

Cara ketiga ini sebenarnya nyaris sama seperti diatas, yaitu perlu mengubah setelan driver saja. Jadi barangkali yang menyebabkan PC tidak mau ke mode sleep adalah perangkat sedang terhubung ke jaringan internet.

Silakan masuk ke Device Manager seperti langkah diatas tadi. Kemudian klik dua kali dibagian Network Adapters. Setelah itu pilih adapter yang dipakai untuk terhubung ke internet.

Klik kanan pada driver tersebut dan pilih Properties. Dan menuju tab Power Management dan hilangkan centang pada opsi Allow this device to wake the computer. Lanjutkan klik tombol OK.

Mengasi PC Tidak Mau Masuk Mode Sleep

Sangat mirip dengan cara kedua tadi kan? Hanya berbeda jenis driver saja, sedangkan metodenya sama saja. Dan sampai sini apakah masalah mode sleep ini sudah teratasi? Namun apabila masih belum, silakan tuliskan detail lengkap mengenai kendalanya di kolom komentar untuk mendapatkan solusi yang sesuai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap