≡ Menu

Tutorial Membuat VPS di Amazon Lightsail

Tutorial Membuat VPS di Amazon Lightsail

Amazon Web Services (AWS) dikenal sebagai penyedia layanan cloud computing terbesar di dunia. Dan bagusnya lagi pengguna baru diberikan gratis akses (free tier) untuk satu tahun. Tentu itu sangat cukup bagi para pemula untuk mulai belajar dan membiasakan diri dengan mengoperasikan segala fitur di AWS.

Membuat VPS di AWS sebenarnya bisa dilakukan melalui bagian EC2. Tapi sayangnya pengguna tidak bisa memastikan berapa tepatnya biaya yang harus dikeluarkan, mengingat disana tidak disediakan harga fixed atau pas untuk setiap bulannya.

Tapi kini kamu bisa membuat VPS di Amazon dengan harga pas per bulannya. Dengan begitu kamu tidak perlu ragu lagi terhadap tagihan bulanan karena telah mengetahuinya. Dan fitur itu adalah Amazon Lightsail.

Membuat VPS di Amazon Lightsail

Jika sebelumnya kamu pernah membuat VPS di suatu penyedia server seperti Digital Ocean atau Vultr, maka membuat di Lightsail pun juga sama mudahnya. Karena melalui fitur ini, kamu diberikan kemudahan dalam instalasi VPS, bahkan untuk pembuatan situs web berbasis WordPress sekalipun.

Sebelum memulai, pastikan kamu telah memiliki akun AWS yang aktif. Dan Amazon Lightsail pun juga dapat dinikmati secara gratis selama 1 bulan. Dan berikut ini tutorialnya, silakan disimak dengan baik.

  1. Masuk terlebih dahulu ke AWS Management Console.
  2. Klik opsi Services dan pilih Lightsail.

    Membuat VPS di Amazon Lightsail

  3. Selanjutnya klik tombol Create Instance.

    Klik Tombol Create Instance

  4. Pertama, pilih dulu lokasi servernya. Klik Change AWS Region and Availability Zone untuk mengubahnya.

    Pilih Lokasi Server di Amazon Lightsail

  5. Jika lokasi sudah diatur, lanjut kebawahnya untuk memilih jenis platform. Antara Linux atau Windows.
  6. Lanjut lagi kebawahnya untuk memilih operasi sistem, misalnya Ubuntu.

    Memilih Operasi Sistem

  7. Lalu gulir lagi dan klik pada opsi Change SSH key pair. Klik opsi Download pada bagian Default.

    Download SSH Key pada VPS

  8. Silakan gulir kebawah sampai bagian Choose your instance plan, dan pilihlah spesifikasi VPS yang tepat sesuai kebutuhan.

    Pilih Spesifikasi VPS yang Akan Dibuat di Amazon Lightsail

  9. Dan pada bagian Identify your instance silakan ubah kolomnya dengan nama VPS yang akan dibuat.

    Memberi Nama VPS

  10. Tahap terakhir, klik tombol Create Instance dan tunggu proses pembuatan selesai.

Proses pembuatan VPS melalui Lightsail lebih cepat jika dibandingkan melalui EC2. Hanya perlu menunggu beberapa detik untuk platform Linux, namun membutuhkan waktu sedikit lama untuk platform Windows.

Setelah VPS berhasil dibuat, kamu bisa mulai mengelola melalui SSH dengan kredensial username root dan SSH key default yang telah di-download tadi. Atau bisa langsung memakai Cloud Shell yang disediakan disana.

Solusi Tidak Bisa Mengakses Lightsail

Hal ini sering dialami oleh pengguna baru, dimana ketika membuka Amazon Lightsail akan muncul notifikasi pada halaman, seolah halaman itu tidak tersedia. Namun solusinya sangatlah mudah, silakan keluar dari akun dan kemudian masuk kembali.

Tapi jika itu masih tidak mengatasinya, silakan buka akun AWS melalui Incognito Mode atau tab penyamaran pada browser. Karena kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan akibat cache yang menempel.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena billing yang bermasalah. Misalnya terjadi kesalahan pada pembayaran ketika mendaftar akun AWS. Biasanya mereka akan mengirimkan suatu pesan di email apabila terdapat kesalahan pada pembayaran akun.

Baca juga: Tutorial Membuat Akun Amazon Web Services (AWS)

Kesimpulan

Mengontrol VPS jauh lebih mudah melalui Amazon Lightsail. Navigasi yang sederhana akan membuat kita terbantu dalam mengelola, misalnya menghentikan VPS, atau menghapusnya. Dan untuk saat ini harga paling murah dari spesifikasi paling rendah adalah $3.5 perbulan.

Dan kamu bisa menikmati VPS dengan spesifikasi paling rendah secara gratis untuk 1 bulan pertama. Jadi kesimpulannya Amazon Lightsail ini tidak mengkalkulasi biaya dari penggunaan CPU atau lain-lain, melainkan itu adalah harga pas, tak peduli CPU rendah atau tinggi sekalipun.

Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial membuat VPS di Amazon Lightsail, silakan tanyakan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap