≡ Menu

Cara Pasang Google Chrome di Komputer atau Laptop

Cara Pasang Google Chrome di Komputer atau Laptop

Google Chrome adalah peramban atau browser untuk segala perangkat yang memiliki tampilan yang minimalis dan ringan. Jika pada ponsel Android, Google Chrome biasanya langsung terpasang dari sistem. Sedangkan pada komputer atau laptop, Google Chrome harus diunduh dan dipasang secara mandiri.

Dari banyaknya browser yang tersedia, banyak orang yang masih tetap menggunakan Chrome karena keterbiasaan alias sudah nyaman dalam segala hal ketika menjelajahi internet. Selain itu browser Chrome juga super ringan layaknya Microsoft Edge.

Jadi apabila saat ini kamu masih menggunakan browser default di komputer dan ingin memasang Google Chrome, sangat tepat sekali masuk ke artikel ini. Sebab disini akan dibagikan tata cara memasang browser Google Chrome dengan mudah.

Cara Memasang Google Chrome di Laptop atau Komputer

Proses pemasangan Chrome sangatlah cepat dan hanya berlangsung hitungan detik saja. Yang diperlukan tentunya adalah koneksi internet yang stabil. Karena pengguna akan mengunduh browser yang memiliki ukuran sekitar 50MB

Silakan ikuti tata cara memasang Google Chrome untuk PC dibawah ini:

  1. Download Google Chrome Setup pada URL berikut https://www.google.com/chrome/.
  2. Jika sudah, klik dua kali pada file ChromeSetup.exe.

    Klik Dua Kali pada Chrome Setup

  3. Akan muncul notif dari Windows, klik saja tombol Yes.
  4. Setelah itu tunggu proses download paket selesai.

    Tunggu Proses Download Paket Google Chrome di Komputer

  5. Jika sudah selesai, Chrome akan meng-instal secara otomatis.

    Proses Pasang Google Chrome di Komputer

  6. Dan akhirnya browser Google Chrome berhasil dipasang.

    Browser Chrome Berhasil Terpasang

Dari sini pasti browser Google Chrome di perangkat kamu telah berhasil terpasang. Secara keseluruhan, file Chrome Setup yang diunduh memiliki fungsional untuk mengunduh paket dan langsung memasangnya otomatis.

Jadi intinya setelah membuka file Chrome Setup tadi, kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai. Jika pun kamu ingin menjadikan Google Chrome sebagai browser utama, silakan ikuti pada artikel ini.

Baca juga: Mengubah Browser Utama di Windows 10

Mengapa Download pada Chrome Setup Tidak Berjalan?

Satu kendala ini biasa disebabkan karena koneksi yang tidak stabil. Namun ada kalanya akibat firewall. Jadi cobalah untuk mematikan antivirus dan kemudian coba buka file Chrome Setup sekali lagi.

Namun apabila masih tidak berjalan, cobalah untuk mengganti jenis koneksi internet. Misalnya apabila saat ini memakai WiFi, cobalah untuk menggunakan Modem. Atau kamu juga juga bisa menggunakan jaringan VPN.

Berapa Lama Proses Instalasi Google Chrome?

Jawabannya adalah sekejap. Kamu tak harus menunggu waktu yang lama sampai proses instalasi selesai. Selama koneksi internet stabil, proses download paket akan belangsung cepat dan begitupula proses instalasinya.

Hingga Google Chrome terbuka, itu tandanya proses instalasi telah berhasil. Dan biasanya Google Chrome akan langsung tersedia di taskbar. Namun jika tidak ada, kamu bisa menaruh shortcutnya secara manual.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap