≡ Menu

Cara Menghapus Seluruh Data di Android

Cara Menghapus Seluruh Data di Android

Apakah kamu ingin menjual ponsel atau bara saja membeli ponsel dari seseorang? Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus seluruh data pada ponsel tersebut supaya bersih dan kembali seperti baru.

Menghapus seluruh data di Android atau bisa juga dikatakan sebagai reset ponsel bisa dilakukan dengan cara yang cepat. Terdapat dua metode yang dapat kamu lakukan, dan semuanya aman tanpa ada resiko.

Sebelum mulai menghapus seluruh data, pastikan kamu telah memindahkan data yang bersifat penting, karena cara ini tidak akan bisa mengembalikan data yang sudah terhapus, karena data telah terhapus secara permanen.

Tutorial Menghapus Seluruh Data Android

Terdapat dua cara untuk menghapus keseluruhan data di ponsel, itu termasuk data kontak, SMS, aplikasi, dan berkas pada penyimpanan internal. Cukup ikuti salah satu yang dirasa paling mudah untuk dilakukan.

#1. Melalui Pengaturan Android

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Reset.

    Ketuk Menu Reset di Pengaturan

  3. Lalu ketuk lagi menu Reset Data Pabrik.

    Ketuk Menu Reset Data Pabrik

  4. Tahap terakhir, klik tombol RESET dan tunggu prosesnya selesai.

    Ketuk Tombol RESET untuk Menghapus Seluruh Data Android

Untuk sebagian ponsel kemungkinan menu Reset berada pada menu Management Lain atau bisa jadi bernama “Kembalikan ke Setelan Pabrik“. Biasanya disana juga akan ditampilkan data apa saja yang akan terhapus ketika melakukan reset.

#2. Melalui Recovery

  1. Matikan ponsel Android.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.
  3. Sampai muncul logo ponsel, silakan lepaskan semua tombol.
  4. Maka recovery akan muncul, dan silakan menuju menu Wipe All Data.
  5. Setelah itu pilih Yes dan tunggu proses reset selesai.

Beberapa ponsel mungkin memiliki kombinasi tombol tersendiri untuk menuju recovery. Jadi apabila cara diatas tidak bisa membuat ponsel kamu masuk ke recovery, silakan cari tutorialnya di Google sesuai jenis ponselnya.

Dan untuk mengontrol/menggerakan pada recovery, kamu bisa menggunakan tombol volume atas dan bawah. Sementara itu untuk memilih menu, gunakan tombol power.

Baca juga: Macam-Macam File Sampah pada Ponsel Android

Berapa Lama Proses Menghapus Data Berlangsung?

Proses ini biasanya berlangsung cepat dan hanya sekitar 2 menit saja. Mungkin apabila ponsel kamu terpasang banyak aplikasi, akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Jadi cukup tunggu sampai 100% dan setelah itu ponsel akan melakukan reboot atau memulai ulang.

Dan proses booting untuk pertama kali setelah ponsel direset akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Karena sistem sedang menyiapkan segalanya, kurang lebih sekitar 10 menit. Dan setelah booting selesai, kamu akan diminta untuk mengatur beberapa hal terhadap ponsel, seperti Bahasa, akun Google, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap