Cara Mematikan Pembaruan Aplikasi Sistem di Android

Cara Mematikan Pembaruan Aplikasi Sistem di Android

Sebagai pemilik ponsel Android, kita tidak sadar adanya pembaruan terhadap aplikasi sistem yang terjadi pada latar belakang. Dari pembaruan tersebut terdapat perubahan komponen pada aplikasi, baik itu perbaikan atau lain-lain. Contoh kecilnya seperti aplikasi Play Store yang memperbarui dirinya secara otomatis.

Apakah proses pembaruan tersebut bisa dimatikan? Tentu saja bisa. Yaitu dengan cara mencekal proses pembaruan di latar belakang supaya tidak pernah terjadi lagi. Dan ini membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya dengan mudah.

Pasti ada alasan mengapa kamu ingin melakukan ini. Bisa jadi karena terdapat konflik terhadap aplikasi penting lainnya atas terjadinya pembaruan ini. Sehingga ingin menetap pada versi sebelumnya dan mencekal segala pembaruan aplikasi sistem yang ada.

Cara Mematikan Pembaruan Aplikasi Sistem

Aplikasi yang dibutuhkan untuk menerapkan cara ini bernama Disable SystemUpdateService. Satu hal yang kamu harus tahu bahwa aplikasi ini aman untuk digunakan dan juga membutuhkan ponsel Android yang sudah diroot.

  1. Unduh aplikasi Disable SystemUpdateService pada Play Store.
  2. Buka aplikasinya dan ijinkan akses ROOT.
  3. Selesai. Sekarang aplikasi tersebut akan hilang pada launcher, menandakan sudah berfungsi.

Aplikasi tersebut hanya berfungsi untuk menghentikan semacam service atau wakelock yang dilakukan oleh sistem ketika akan mengecek pembaruan terhadap aplikasi sistem. Dan jika kamu ingin membatalkan proses pencekalan itu, caranya adalah cukup mencopot pemasangan (uninstall) pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Mencekal Pembaruan pada Aplikasi Sistem Tertentu

Apabila cara diatas tadi berguna untuk mencekal pembaruan dari segala aplikasi sistem, sekarang kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dicekal. Dan masih membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang pastinya aman untuk digunakan.

  1. Unduh aplikasi bernama Service Disabler pada Play Store.
  2. Buka plikasinya dan ijinkan akses ROOT. Lalu tekan pada tab System untuk menampilkan aplikasi sistem.

    Mencekal Pembaruan Aplikasi Sistem di Android

  3. Pilih aplikasi mana yang akan dipilih. Contohnya disini adalah aplikasi Google Play Services.

    Mencekal Pembaruan Aplikasi Sistem di Android

  4. Gulir kebawah dan temukan service bernama SystemUpdateService, silakan dimatikan.

    Mencekal Pembaruan Aplikasi Sistem di Android

  5. Selesai, sekarang pembaruan otomatis pada aplikasi tersebut telah dihentikan.

Selain dapat digunakan untuk mencekal pembaruan, aplikasi Service Disabler juga dapat dipakai untuk banyak hal lho, salah satunya adalah mencekal pemberitahuan pada suatu aplikasi sistem.

Baca juga: Cara Mengatasi Batas Waktu Koneksi Berakhir pada Play Store

Tapi sebagai saran, jangan mematikan service pada suatu aplikasi yang sekiranya kamu tak tahu kegunaannya. Sebab itu akan membuat kinerja aplikasi menjadi tidak stabil karena komponen yang tidak lengkap.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *